Beragama Dengan Nyaman: Menguatkan Nilai-Nilai Kebangsaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes РFKUB Kabupaten Brebes melaksanakan Kegiatan Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama di Kabupaten Brebes, bertempat di Aula Kemenag Brebes  Senin, (27/06/2022) yang diikuti oleh 30 orang peserta, yaitu srikandi-srikandi tangguh kabupaten Brebes.

Acara dialog yang narasumber utamanya trio penjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Brebes yang terdiri atas Kepala Badan Kesbangpol Brebes M. Sodik, Kasubbag TU Kankemenag Brebes, Mad Soleh dan cendikiawan muslim Brebes yang baru saja meraih gelas doktor bidang sosiologi Islam dengan nilai Cumlude dari UIN Walisongo Semarang Akrom J. Daosat dan dipandu oleh sekretaris FKUB Brebes Faedurohim.

Dari paparan ketiga narasumber diatas berhasil memantapkan dan menguatkan para perempuan pelopor nilai-nilai kebangsaaan bagi generasi penerus bangsa di masa depan. Dengan pengetahuan dan pemahaman nilai-nilai kebangsaan dalam keberagaman, paparan materi    yang disampaikan oleh ketiga narasumber tersebut, berefek pada munculnya semangat pada seluruh peserta untuk berupaya menanamkan nilai-nilai  kebangsaaan, patriotism dan 4 pilar bernegara yaitu Pancasila, UUD 45, Kebhinekaan dan NKRI harga mati.

Hal yang istimewa dari paparan materi Perempuan Islam dan Wawasan Kebangsaan yang menitikberatkan bagaimana dalam beragama, agar setiap pemeluk berjaga-jaga dengan hati-hati dan bersikap khusnudzon, dan beragamalah dengan rilex/nyaman  dengan tetap menjaga kebhinnekatunggalikaan dan keindonesiaan. jangan menjadikan satu paham keagamaan  menjadi ekstrim tetapi untuk merawatnya dengan pemahaman yang universal dan keindonesiaan.

Peserta yang hadir terdiri atas perwakilan pengurus Fatayat NU kab. Brebes, Pengurus Aisyah Kab, Brebes. Perempauan LDII Kab. Brebes, perwakilan muda-mudi Katolik Brebes Perwakilan gereja Kristen brebes dan perempuan pengurus FKUB Brebes.(Hid/Sua)