Bimtek IKM, Pengawas PAI Kupas Tuntas Kurikulum Merdeka

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, H.M. Faojin selaku Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang memberikan pembinaan kepada 45 Guru PAI SD se-Kecamatan Semarang Barat, Senin (18/7/2022).

Pembinaan tersebut ia sampaikan dalam kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IMK) yang dilaksanakan bersamaan dengan pertemuan Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI SD Kecamatan Semarang Barat, yang digelar di SD Negeri Ngemplak Simongan 02 Kecamatan Semarang Barat.

Dalam pembinaannya, H.M. Faojin menyampaikan peran penting GPAI bagi tercapainya cita-cita pendidikan yang diharapkan dalam Kurikulum Merdeka. “Peran aktif GPAI diperlukan dalam upaya pencapaian cita-cita pendidikan yang diharapkan dalam Kurikulum Merdeka,” tuturnya.

“Hal lain yang perlu diperhatikan dalam mencapai keberhasilan dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka adalah pengemasan pembelajaran yang lebih menarik dan bisa menghasilkan produk, karena selama ini pembelajaran PAI masih banyak menggunakan ceramah dan diskusi, belum mengahasilkan produk,” imbuhnya.

Pada bagian selanjutnya, H.M. Faojin mengupas tuntas tentang IKM, yaitu pembahasan dan pemahaman Asesmen, Perangkat Ajar, Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) dan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka.  

“InsyaaAllah pada pertemuan KKG selanjutnya kita akan melanjutkan diskusi ini agar kita semakin memahami Kurikulum Merdeka, dan harapannya setelah kegiatan ini GPAI bisa membuat dan menghasilkan perangkat ajar dari Kurikulum Merdeka,” pungkasnya.(Faojin/NBA/rf)