Buat Telur Asin, Wujud Implementasi P5RA Kewirausahaan di MTs N 1 Tegal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Slawi – MTs N 1 Tegal menggelar Praktek Pembuatan Telur Asin sebagai wujud Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil ‘Alamin (P5RA) dengan tema Kewirausahaan. Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta didik kelas VII di halaman madrasah pada hari Sabtu (12/08/2023).

Setiap kelas dengan didampingi oleh 3 (tiga) fasilitator melakukan pembuatan telur asin dari telur bebek menggunakan abu gosok. Sebelumnya, mereka diperlihatkan video tutorial tentang cara pembuatannya kemudian mereka langsung praktek dengan bahan-bahan yang sudah disediakan.

“Kegiatan Proyek seperti ini adalah hal baru bagi kami. Melalui kegiatan tersebut, kami belajar untuk mengasah kreativitas dalam berwirausaha telur asin. Selain itu, kekompakan kami juga di uji karena pengerjaan tugas proyek dilakukan secara berkelompok. Sebenarnya pengerjaan proyek ini cukup melelahkan, tapi karena dikerjakan bersama, rasa lelah itu menjadi tidak terasa. Proyek ini sangat seru sekali, kami dikenalkan cara-cara membuat telur asin dengan menggunakan abu gosok dan ini sangat menyenangkan karena.” Ujar Sovia, salah satu peserta didik kelas VII Tahfidz 2 yang melaksanakan proyek.

“Pelaksanaan P5RA bertema Wirausaha ini sangat bagus sekali, karena dapat mengasah kreativitas siswa dalam berwirausaha. Selain itu juga bisa mendorong pembentukan karakter sesuai profil pelajar Pancasila yang menjadi salah satu modal utama bagi siswa-siswi kita untuk terjun di masyarakat, menjadi generasi penerus bangsa. Setelah saya lihat, ternyata para siswa sangat antusias dengan proyek ini dan hasil kerja dari anak-anak sesuai dengan petunjuk yang ada. Semoga proyek kedepan bisa berjalan lancar dan hasilnya menjadi lebih baik,” Tutur Afrokhah, Waka Kurikulum saat mengamati kegiatan proyek..

Selain mengadakan praktek pembuatan telur asin, dalam kegiatan proyek ini juga ada kegiatan pengolahan makan basah/kering, pembuatan batik celup ikat, Pembuatan kerajinan dari botol plastik, Pembuatan Bross, dan hasilnya akan digelar dalam kegiatan Market Day. Selama satu tahun kedepan, MTs N 1 Tegal masih akan mengadakan kegiatan P5RA dengan tema Kewirausahaan dan Demokrasi. (IN,by/bd).