Buka KSM Tingkat Provinsi, Kakanwil Pesankan Berkompetisi Harus Punya Mental Pejuang, bukan Penumpang!

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Provinsi merupakan tahapan seleksi untuk menjaring siswa terbaik di masing-masing bidang studi untuk mengikuti KSM Nasional di Kendari, Sulawesi Tenggara pada tanggal 3 – 5 September 2023. Pelaksanaan KSM Provinsi dilakukan serentak secara nasional pada tanggal 5 – 6 Agustus 2023.

KSM merupakan kegiatan yang digelar oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah.

Sebanyak 1.897 siswa perwakilan terbaik dari masing-masing kabupaten di Jawa Tengah mengikuti KSM Tingkat Provinsi. Terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) sejumlah 350 siswa, Madrasah Tsanawiyah (MTs) sejumlah 525 siswa dan Madrasah Aliyah (MA) sejumlah 1.022 siswa.

“Tahun ini yang mengikuti KSM Tingkat Provinsi semuanya adalah dari siswa Madrasah. Dari jumlah total siswa tersebut akan ada 11 siswa yang nantinya mewakili masing – masing cabang lomba dan membawa nama harum Jawa Tengah hingga bisa mencapai juara satu di tingkat nasional”, kata Kabid Penmad Kanwil Kemenag Prov.Jateng Ahmad Faridi, saat menyampaikan laporan pelaksanan kegiatan di Boyolali secara daring melalui Zoom Meeting dan channel youtube Kemenag Jateng, Jumat (4/8).

Opening ceremony KSM Provinsi Jawa Tengah dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahamad. Ia berharap para siswa mempunyai mental pejuang.

“Yang namanya kompetisi itu harus siap jadi juara. Dengan waktu yang masih tersisa ini, ayo persiapkan dengan baik, para siswa harus mampu memliki mental pejuang bukan penumpang. Sehingga nanti kita siap dan sudah matang dalam berkompetisi,” tutur Kakanwil sembari menyemangati peserta lomba.

Adapun kategori mata pelajaran (Mapel) yang akan diperlombakan yaitu jenjang MI/SD Mapel Matematika dan Sains IPA Terintegrasi, Jenjang MTs/SMP yaitu Mapel Matematika Terintegrasi, IPA dan IPS Terpadu Terintegrasi, selanjutnya jenjang MA/SMA yaitu Mapel Biologi, Matematika, Fisika, Ekonomi, Kimia, geografi Terintegrasi. Siswa terbaik KSM Tingkat Provinsi akan diumumkan pada 13 Agustus 2023 melalui laman ksm.kemenag.go.id. (D/rf)