Buka Seleksi Madrasah Fest, Kakanwil Berpesan Kompetisi Harus Kita Menangkan dengan Dipandu Nilai- Nilai Agama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

 

Salatiga (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad membuka seleksi Madrasah Fest tingkat provinsi, Selasa (04/7).

Kegiatan yang baru diadakan pada tahun 2023 ini memiliki misi membumikan dan memperkuat nilai-nilai keagamaan yang menjadi ciri khas madrasah untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Kegiatan festival keagamaan madrasah atau madrasah fest ini akan diikuti oleh siswa siswi madrasah terbaik se-Indonesia

Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov. Jateng sendiri akan menyeleksi seluruh madrasah baik negeri maupun swasta dari jenjang ibtidaiyah hingga aliyah untuk mengikuti madrasah fest perdana tersebut.

Dalam arahannya, Kakanwil Musta’in mengingatkan ada 3 trilogi karakter madrasah yang harus kita pahami terlebih dahulu yakni;
1. Keislaman dan keindonesiaan
2. Keilmuan dan kemodernan
3. Kemandirian dan keumatan.

Setelah mengetahui 3 karakter madrasah, Kakanwil mengajak peserta untuk mengetahui apa makna sebuah perlombaam/kompetisi.

“Kegiatan lomba adalah cara kita melakukan pengecekan dan pengukuran tantangan kekinian dan ini adalah upaya kita dalam mengembangkan kemampuan minat bakat yang didasari landasan agama,” ujar Musta’in.

Kakanwil menjelaskan kompetisi harus kita menangkan dengan dipandu nilai-nilai agama agar sehat, seperti yang sudah tertanam dalam karakter madrasah.

BRF