Ciptakan Keluarga SAMAWA, KUA Jatibarang Laksanakan BINWIN Angkatan ke-4

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes melalui KUA Kecamtan Jatibarang melaksanakan Kegiatan Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin (Catin) dan Pencegahan Stunting angkatan  ke- 4 Tahun Anggaran 2023. Acara bertempat di Aula KUA Kec. Jatibarang yang dihadiri oleh H. Ahmad Wafir selaku Kepala KUA Kec. Jatibarang di dampingi penghulu dan fasilitator ustad Jazuli Purnomo yang merupakan perwakilan dari MWC. NU kec. Jatibarang dan diikuti oleh 30 orang atau 15 pasang catin dari KUA Kec. Jatibarang, selama 2 hari pada Senin-Selasa (29-30/05/23).

Menjelang matahari sepenggala acara dibuka oleh H. Ahmad Wafir. “Kegiatan ini ditujukan untuk para calon pengantin agar bisa menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah (Samawa) dan semua peserta di harapkan dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Mengingat pentingnya materi-materi yang akan disampaikan sebagai bekal dalam mengarungi bahtera rumah tangga nantinya,” ujar Ahmad Wafir.

Lebih jauh, Kepala KUA Kec. Jatibarang menjelaskan bahwa Keluarga merupakan unit terkecil yang terdiri atas Kepala Keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di satu atap yang saling ketergantungan dan menjadi titik sentral suatu masyarakat. Membentuk keluarga yang kokoh dan kuat merupakan prasyarat yang harus ditempuh baik oleh pemerintah maupun lembaga non pemerintah bahkan anggota masyarakat, terutama para orang tua ataupun calon orang tua.

“Segala sesuatu harus diawali dengan membaca Bismalah dan niat yang lurus agar semua kegiatan kita di lindung oleh ALLAH SWT dan dijauhkan dari godaan setan,” tambah Ahmad Wafir dalam pembuka kegiatan Binwin.

Sementara itu fasilitator Jazuli Purnomo menjelaskan panjang lebar mengenai bagaimana cara membangun keluarga samawa dengan membedah konsep berumah tangga yang samawa dan memenuhi kebutuhan keluarga dengan segala pernak-pernik pengalaman dalam berumahtangga dan kemungkinan permasalahan yang akan dirasakan, dinikmati dan dihadapi oleh setiap catin kedepanya dan bagaimana solusi atas permasalahan tersebut.(hid/Sua)