Cukupi Literasi Pemustaka, Dinarpus Tambah Koleksi Buku

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – Untuk mencakup dan melayani kebutuhan literasi bagi pemustaka yang berubah dan tuntunan pengguna masa kini serta masa mendatang, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) menggelontorkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebanyak 40 juta untuk menambah koleksi buku. (Kamis, 13 Oktober 2022).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus), Muhammad Sahlan melalui kepala bidang perpustakaan, Ismanto.

“Tahun ini sudah kita alokasikan dana APBD untuk menambah koleksi perpustakaan untuk pembelian buku, sudah diproses,” katanya.

Selain itu, perpustakaan kota Pekalongan juga memperoleh bantuan dari perpustakaan nasional sebanyak 750 buku dari beberapa genre. Lebih lanjut Ismanto mengungkapkan bahwa pengembangan koleksi diharapkan agar perpustakaan dapat memberikan serta menyediakan sumber informasi yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Lebih lanjut, guna meningkatkan pelayanan sekaligus mendongkrak minat baca masyarakat kota Pekalongan, terkait gedung perpustakan kota Pekalongan 2 yang berada di sekitar kantor kecamatan Pekalongan Barat, dikatakan Ismanto pembangunan ditargetkan akan rampung di tahun 2023.

“Dengan dukungan Walikota kita, sudah mendapatkan alokasi dana sebanyak 11 M akan dibangun gedung 3 lantai, semoga bisa menjadi tempat yang representatif meningkatkan minat baca untuk mengunjungi perpustakaan.” pungkasnya.(TIM/@nSi/bd).