Digitalisasi Kunci Sukses Manajemen Ma’had Aly yang Profesional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Peningkatan mutu Ma’had Aly mutlak dibutuhkan dalam pelaksanaan pendidikan. Lemahnya perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan merupakan faktor utama yang dapat menghambat kemajuan.

Guna meningkatkan kualitas manajemen pada lembaga pendidikan Ma’had Aly di Jawa Tengah, Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Halaqah Revitalisasi Lembaga Formal Pesantren Ma’had Aly di Hotel Candi Indah Semarang.

Mewakili Kakanwil, Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Amin Handoyo membuka secara resmi kegiatan Halaqah pada Rabu (24/7/2024).

Dirinya menekankan pentingnya pondok pesantren penyelenggara program Ma’had Aly akan peningkatan kualitas manajemen lembaga baik dari segi mutu, efektifitas, efisiensi, produktifitas, dan inovasi sesuai perkembangan saat ini.

“Era sekarang ini digitalisasi adalah keniscayaan, dengan digitalisasi akan mempermudah fungsi layanan, pengawasan dan transparansi suatu lembaga, “ ujar Amin.

Pada kesempatan yang sama Ketua Tim Pendidikan Diniyah Ma’had Aly (PDMA) Muhammad Syafiq, menjelaskan salah satu materi penting dalam kegiatan ini yaitu Strategi Pengelolaan Ma’had Aly di Pesantren dan Manajemen Problem Solving dalam mengatasi berbagi persoalan yang ada di dalamnya.

Halaqah Revitalisasi Lembaga Formal Pesantren Ma’had Aly diikuti oleh para Mudir (Kepala) Ma’had Aly yang ada di Jawa Tengah dan akan berlangsung hingga tiga hari ke depan. (RK)