Dukung Gerakan Nasional Aksi Bergizi Cegah Stunting, MTsN 8 Kebumen Gandeng Puskesmas Gombong 1

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 8 Kebumen mengikuti Gerakan Nasional Aksi Bergizi dari Puskesmas Gombong I. Bagian gizi dari Puskesmas Gombong I melaksanakan program Aksi bergizi dari Kementerian Kesehatan Indonesia yang diadakan secara serentak untuk mencegah stunting. Aksi ini diikuti sejumlah 430 siswi dihalaman setempat, Jum’at (25/08/2023).

Gerakan Nasional Aksi Bergizi di MTsN 8 Kebumen dimulai dengan senam bersama, sarapan sehat bersama, aktifitas fisik,  dan dilanjutkan dengan meminum tablet tambah darah TTD untuk para peserta didik putri sebagai sasaran utama.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan pemeriksaan HB untuk mengetahui tingkat anemia ringan, sedang berat dan yang normal. Sehingga setelah diberikan edukasi,  siswa putri dengan sadar, minum tablet tambah darah secara rutin kurang lebih 3 sampai 4 bulan kedepan. Hal ini sebagai upaya pencegahan anemia untuk jangka Panjang.

“Remaja putri diharapkan dapat secara rutin minum tablet tambah darah satu (1) tablet dalam 1 minggu,” ujar Dian Wijayanti Afandi dari bagian gizi Puskesmas Gombong I.

Selain itu, ujar Dian lebih lanjut, remaja putri juga diharapkan membiasakan diri makan makanan bergizi,  untuk menghindari anemia dan pencegahan stunting sejak dini. Dengan begitu diharapkan juga dapat membuatnya cantik berseri glowing berprestasi.

Atas aksi ini, Kepala MTs N 8 Kebumen Muhiban menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada pihak Puskesmas Gombong 1. “Saya sangat bersyukur dan semoga kerjasama ini terus berlanjut,” harapnya.

“Alhamdulillah Aksi bergizi hari ini berjalan dengan sukses dan lancar,  ini adalah salah satu program dari pemerintah secara nasional dan tentunya MTsN 8 Kebumen harus mendukung dalam mensukseskan program ini,” ucap Muhiban.(diw/fz/bd).