DWP Kankemenag Kota Semarang Siap Lakukan Pendataan Peserta Tes IVA dan SADANIS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Senin (18/7/2022) Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang menggelar rapat koordinasi (rakor) internal, di ruang rapat setempat.

Hadir dalam rakor tersebut, Ketua, Sekretaris I, II dan III, Bendahara I, Pengurus Bidang Ekonomi, serta Bidang Sosial dan Budaya.

Dalam pengarahannya, Ketua DWP Kankemenag Kota Semarang, Dwi Yuliarti Mukhlis Abdillah menyampaikan apresiasi atas kehadiran pengurus dalam mengikuti rakor yang diadakan secara spontan tersebut. “Terima kasih atas kerawuhannya, dan mohon maaf rakor kami gelar secara mendadak. Ada beberapa hal penting yang menjadi agenda rapat hari ini, diantaranya persiapan pelaksanaan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) yang akan dilaksanakan secara serentak oleh DWP Kemenag se-Indonesia pada  10 Agustus mendatang,” tutur Dwi Yuliarti.

“Beberapa waktu lalu, kami beberapa perwakilan pengurus yang juga tergabung dalam Panitia Pelaksanaan Tes IVA dan SADANIS yang dibentuk oleh Ketua DWP Kanwil (Kantor Wilayah) Kemenag Prov. Jateng, telah mengikuti rapat koordinasi melalui zoom meeting. Dalam rapat virtual tersebut, peserta tes IVA dan SADANIS dari Kota Semarang, dalam hal ini tidak hanya dari Kankemenag Kota Semarang, tetapi merupakan penggabungan dengan Kanwil Kemenag prov. Jateng dan BDK (Balai Diklat Keagamaan) Semarang, ditarget minimal sebanyak 50 peserta,” terangnya.

Ia menuturkan, target peserta se-Jateng sebanyak 150 orang, dimana pendistribusiannya untuk Kota Semarang sebanyak 50, sedangkan sisanya dibagikan kepada Kabupaten/Kota, dengan asumsi masing-masing minal 10 peserta.

Sriwahyuningsih selaku pengurus yang mengikuti pula kegiatan rapat virtual dimaksud juga menyampaikan informasi bahwa, kegiatan tes IVA dan SADANIS bagi peserta dari Kota Semarang, akan dilaksanakan di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kecamatan Banyumanik.

Menindaklanjuti hal tersebut, Dwi Yuliarti mengimbau agar segera dilakukan pendataan calon peserta. “Sebagaimana kemarin dijelaskan oleh Ibu Runjati, untuk pendataan bisa langsung mengisi link dimulai tanggal 18 Juli sampai dengan tanggal 3 Agustus. Akan tetapi kami imbau, untuk peserta internal kita, mohon dilakukan pendataan dulu oleh salah satu pengurus, supaya lebih mudah dalam melakukan komunikasi dan koordinasi,” imbau Dwi Yuliarti.

“Pendataan segera dengan tujuan untuk mengetahui, terpenuhi tidak target jumlah peserta yang diharapkan, karena ini baru calon peserta, bisa jadi pada saat hari H, yang bersangkutan berhalangan hadir karena sakit, menstruasi atau ada tugas kedinasan lainnya. Harapannya peserta yang mendaftar bisa lebih dari 50,” sambungnya.

Ia berharap pendataan berjalan dengan lancar, serta calon peserta dari Kankemenag Kota Semarang betul-betul bisa menjadi peserta tes IVA dan SADANIS pada waktu yang telah ditentukan.

Agenda pembahasan lain dalam rakor adalah penentuan tanggal pertemuan DWP, keikutsertaan dalam pelatihan membuat jamu, serta penyusunan rencana kegiatan DWP Kankemenag Kota Semarang untuk satu tahun kedepan.(NBA/bd)