Evaluasi Transportasi Darat Jemaah Haji Di Arab Saudi, Jemaah Haji Kebumen Apresiasi Layanan Bus Sholawat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Ari Kuswoyo, Jemaah haji Kabupaten Kebumen kloter 30 SOC tahun 1444 H / 2023 M, memberikan apresiasi dan menilai pelayanan petugas haji di Arab Saudi sangat baik dan ramah. Terlebih utama apresiasi kepuasan  itu ia sampaikan atas layanan bus angkutan sholawat yang diberikan kepadanya dan para Jemaah Indonesia lainnya.

Hal tersebut tersebut ia sampaikan saat mengikuti kegiatan Evaluasi dan Peningkatan Layanan Transportasi Darat Jemaah Haji Indonesia Di Arab Saudi yang diselenggarakan oleh Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Jum’at (25/08/2023) di Aula Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Kebumen. Hadir sekaligus membuka kegiatan secara resmi Kepala Kankemenag Kebumen H. Sukarno didampingi Kasubbag TU H. Makruf Widodo dan Kasi PHU Hj. Suwaibatul Aslamiyah.

Lebih lanjut disampaikan Ari Kuswoyo, keberadaan bus shalawat sangat membantu karena memudahkannya menuju Masjidil Haram. Bus juga melayani jamaah selama 24 jam sehingga tidak perlu takut kalau ibadah di Masjidil Haram hingga malam hari.

“Menurut saya kondisi bus Sholawat sudah bagus, ada AC   dan kusinya juga empuk,” katanya.

Kendati begitu, ia juga memberikan saran agar rute bus Sholawat dari Muzdalifah ke Mina perlu ditingkatkan agar Jemaah Haji indonesia bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal. Terutama untuk Jemaah lansia dan disabilitas.

“Kami harapkan ada layanan prioritas untuk Jemaah lansia, jika memungkinkan perlu ditambah petugas atau supir yang bisa berbahasa Indonesia dengan baik,” ujarnya.

Selain Ari Kuswoyo, Jemaah Haji Kebumen lainnya K.H. Mawardi,juga memberikan apresiasi dan penilainnya yang sama atas layanan bus Sholawat. Namun demikan ia menyarankan agar layanan angkutan Jemaah sakit bisa dipercepat.

Pada kegiatan ini, seluruh masukan saran dan kritik yang disampaikan oleh para peserta ditanggapi satu persatu oleh Tim dari Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI yang terdiri dari lima orang yakni : Asep Subhana, Syarif Rahman, Srijunaida, Syamsurizal dan Ahmad Mufajar. Mereka menyampaikan bahwa seluruh masukan akan dievaluasi lebih lanjut guna meningkatkan layanan haji kedepan.

“Melalui kegiatan ini kami ingin para peserta menyampaikan secara jujur apapun yang masih dirasa kurang atas layanan yang telah kami berikan,” ucap Asep selaku ketua tim kepada humas Kemenag Kebumen saat dimintai keterangan.(fz/bd).