FKPAIN Bersama BAZNAS Kab. Karanganyar Ajak Penyuluh Agama Islam Non PNS Melek IT

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam non PNS (FKPAIN) Kabupaten Karanganyar dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya manusia pada anggota Penyuluh Agama Islam Non PNS mengadakan kegiatan Diklat Pengembangan IT SDM Kepenyuluhan selama dua hari di Hotel BIP Tawangmangu, 22 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Wiharso, MM., dan juga Ketua BAZNAS Kabupaten Karanganyar, DR. KH. Kafindi, M.Ag.

Wiharso, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan bermanfaat ini diharapkan bisa menambah semangat juang para Penyuluh Agama Islam Non PNS untuk melayani umat Islam diwilayah kerja masing-masing diringi bertambahnya kompetensi individunya.

“Melek IT adalah kewajaran yang harus dimiliki PAI Non PNS. Maka jika, tidak bisa mengikuti lambat laun akan tertinggal dengan yang lain,” ucapnya.

Diklat yang diadakan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam non PNS bekerjasama dengan BAZNAS Kabupaten Karanganyar dilaksanakan selama dua hari tiga angkatan. Peserta berjumlah 64 orang terdiri dari 51 orang dari Penyuluh Agama Non PNS, 11 orang dari Penyuluh Agama Islam Fungsional dan 2 orang dari seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar.

Materi terkait penunjang administratif dan pengembangan aplikasi teknologi informatika yaitu Aplikasi penerapan Microsoft Word, Excel, Power Point. Pembuatan Pamflet, Flyer, Twibbon, Chanel YouTube dan tentunya aplikasi online lainnya yang dapat menunjang kinerja penyuluh agama Islam non PNS. Narasumber pun dipandu oleh praktisi yang kompeten yang bisa membantu peserta membuat dengan peralatan yang sesederhana mungkin. Tentunya memanfaatkan perangkat yang sudah familiar oleh peserta.

Kegiatan ini diharapkan menjadi kegiatan idaman dan mendatangkan banyak manfaat untuk penunjang kompetensi Penyuluh Agama Non PNS khususnya Kabupaten Karanganyar.(ida/sua)