Gema Istighosah Mengiringi Perayaan HUT MAN ke 40

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, (HUMAS) — MAN Pekalongan menggelar Istighosah dalam rangka memperingati HUT ke – 40 MAN Pekalongan pada Senin pagi, (25/09/2023) bertempat di lapangan madrasah.

Kegiatan istighosah dipimpin oleh M. Su’ud, didampingi M. Ikhwan dan Mudasir, Kegiatan istighosah ini diikuti oleh seluruh peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan MAN Pekalongan.

Pembina Agama, Muhammad Fahmi Irfani, mengatakan bahwa tujuan istighosah adalah sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menambah iman, pengabdian serta kematangan cita-cita hidup.

Sementara itu menurut pembina lainya Masnunah, mengatakan bahwa Istighosan bertujuan untuk menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa agar selalu berakhlak mulia, manfaat fiddaroin. Adapun manfaat dari istighosah, yaitu:
1. Mendatangkan keridaan Allah SWT;
2. Menghilangkan kesedihan dan kemuraman hati;
3. Mendatangkan ketenteraman jiwa;
4. Melapangkan rezeki;
5. Mengingatkan diri bahwa Allah SWT selalu mengawasi, sehingga mendorong kita untuk berbuat baik;
6. Malaikat akan ikut meminta ampunan kepada Allah bagi orang-orang yang berdzikir.

Sebelum pembacaan istighosah dimulai, M. Su’ud, meminta jemaah untuk mengosongkan hatinya. “Berdoalah dengan hati yang benar untuk tabaruk/minta keberkahan. Kalau merasa memiliki iman, mari kita fokus berdoa kepada Allah SWT”, ungkapnya.

Ia juga turut mendoakan para pendiri madrasah, kepala madrasah, serta orang tua siswa yang telah meninggal. Tak lupa, selawat tibbil qulub turut disenandungkan, dengan harapan semoga diberikan umur, rejeki, keturunan, dan pasangan yang berkah. Kegiatan istighosah pun ditutup dengan doa.  (RIP-FH/MTb/bd)