GPAI SMA At Thohiriyyah Pimpin Pesantren Ramadhan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – GPAI SMA At Thohiriyyah, melalui pesan whatsapp, Kamis (13/4/2023), melaporkan kepada H.M. Faojin selaku Pengawas PAI Kankemenag Kota Semarang, akan pelaksanaan kegiatan Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan di sekolahnya pada 1444 H/2023 M.

“Alhamdulillah, sesuai dengan arahan Bapak Pengawas, pada bulan Ramadhan tahun ini, kami mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan bagi peserta didik kami,” tuturnya.

Ia mengatakan, kegiatan Pesantren Ramadhan memiliki beberapa tujuan diantaranya, meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, membimbing siswa dalam kegiatan ibadah dengan baik dan benar, terselenggaranya kegiatan keagamaan secara terprogram, meningkatkan rasa sosial keagamaan kepada orang yang membutuhkan, dan mengembangkan potensi SDM yang ada terutama bidang keagamaan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan beberapa jenis kegiatan yang dilaksanakan dalam Pesantren Ramadhan. “Dalam Pesantren Ramadhan tahun ini, setiap hari anak-anak kami ajak untuk melakukan pembacaan asmaul husna, salat dhuha, salat dhuhur berjamaah, tadarus Alquran dan simaatul quran bagi yang menghafalkan Alquran,” terangnya.

“Selain itu, kami juga mengadakan kajian kitab Al Taqrirat Al Sadidah setiap Senin dan Rabu selepas salat dhuhur berjamaah, serta hari Jumat pada pagi hari pukul 09.30 WIB. Salah satu kajian yang kami kupas adalah kajian kitab Kuning, Al Taqrirat Al Sadidah tentang fikih dan puasa dari Ahmad Usyaqi El Fahmi alumni Al Ahqaf Yaman dan Kharthaum International University Sudan,” imbuhnya.

Menurut keterangannya, selama bulan Ramadhan, setiap hari Jumat sore pukul 17.00 WIB, para siswa juga membagikan ta’jil bagi warga sekitar. Hal lain yang turut dilakukan adalah penerimaan dan pembagian zakat fitrah.

Di akhir laporannya, ia mengungkapkan, kegiatan Pesantren Ramadhan ditutup dengan Khotmil Quran, kajian kitab dan buka bersama seluruh warga SMA At Thohiriyyah.(Faojin/NBA/bd)