Guru dan Pegawai MTsN 3 Banjarnegara Deklarasikan Tahun Toleransi 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Masyarakat Indonesia merupakan negara bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki pluralitas dan keberagaman agama, budaya, etnis, status sosial yang memiliki keanekaragaman dalam berbagai aspek, tidak hanya multi etnik, multi kultur, multi bahasa, juga multi agama. Keanekaragaman ini harus dirajut dengan semangat persatuan dalam tiap perbedaan dengan menginternalisasikan nilai moderasi beragama sebagai perwujudan dari kebinekaan.

Guna mewujudkan moderasi beragama tersebut, MTsN 3 Banjarnegara laksanakan Deklarasi Tahun Toleransi 2022. Acara tersebut dilaksanakan di Aula MTsN 3 Banjarnegara dengan di ikuti oleh guru dan pegawai serta perwakilan dari komite, Selasa (04/10).

Acara dimulai dengan tausiah oleh Helmi Murtadho, dalam tausiahnya beliau menyampaikan agar kita bisa meneladani perilaku Nabi Muhammad SAW dalam bertoleransi dan menjalani kehidupan. Selesai tausiah acara dilanjutkan dengan doa oleh Fathudin.

Natir, selaku kepala MTsN 3 Banjarnegara dalam sambutannya menyampaikan bahwa Moderasi Beragama dapat terwujud dengan Pendidikan karakter yang kuat. “Mewujudkan Internalisasi Moderasi Beragama dapat dilakukan dengan mengintegrasikan nilai moderasi beragama tersebut melalui pendidikan penguatan karakter, baik dalam mata pelajaran yang ada seperti lima karakter prioritas yakni religious, nasionalis, gotong royong, integritas dan mandiri,” jelasnya

“Pendidikan nilai moderasi beragama perlu dikedepankan sebagai penguatan pembangunan Karakter bangsa Indonesia yang bermacam ragam,” imbuhnya.

Acara diakhiri dengan pembacaan Deklarasi Moderat dan Toleran pada Tahun Toleransi 2022 yang dipimpin oleh kepala madrasah dan diikuti oleh seluruh guru dan pegawai MTsN 3 Banjarnegara. (ar/ak/rf)