Guru RA Diharapkan Mampu Mewujudkan Pelajar Pancasila yang Rahmatan lil A’alamiin

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, Mad Soleh, membuka Kegiatan Bimtek Bedah Rumah IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) bagi guru RA (Raudhatul Athfal) se-Kabupaten Brebes pada Kamis-Jumat, (03-04/08/2023) di Ruang Arimbi Gran Dian Hotel Brebes.

Kegiatan ini diikuti oleh 57 peserta yang berasal dari Pengurus daerah Igra Brebes, Pengurus cabang Igra dari 17 kecamatan sekab. Brebes dan perwakilan guru serta kepala RA di Kabupaten Brebes. Bedah Rumah IKM ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada guru RA mengenai implementasi Kurikulum Merdeka serta meningkatkan kreativitas dalam merencanakan pembelajaran bermakna bagi anak didik hal itu di nyatakan oleh Rohayati selaku ketua PD. Igra Brebes.

Acara ini juga dihadiri oleh pemateri, yaitu Chasanah selaku Ketua PW. Igra Jateng sebagai pemateri mengenai implementasi Kurikulum Merdeka, serta Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Brebes Imam Ghozali yang memberikan wawasan kebangsaan.

Dalam sambutannya, Mad Soleh mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Brebes, melalui kegiatan ini para guru RA dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan berinovasi dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak melalui pendidikan yang berdiprensiasi  mengingat setiap anak memiliki bakat dan keunggulan yang berbeda-beda yang perlu diarahkan.

“Dengan IKM ini diharapkan para guru RA dapat berfokus dalam mendidik anak-anak pada pembentukan karakter yang berakhlak mulya sehingga melahirkan softskill dan mengarah pada pembelajaran profil pelajar Pancasila dan pelajar rahmatan lil a’lamin,” ungkapnya.

Beliau berpesan agar dalam memberikan pendidikan dan pengajaran anak-anak, berbasis pada bagaimana anak-anak dapat bermain sambal belajar. “Kami perlu mengingatkan kepada seluruh guru RA di kabupaten Brebes agar bijaksana dalam bermedsos sehingga dapat mempertanggungjawabkan apa yang di share ke dalam mendosnya serta mengamankan kebijakan Kemenetrian Agama dalam bidang pendidikan khususnya dan keagamaan pada umumnya,” pungkasnya.

Kegiatan Bedah Rumah IKM ini mensasar  pada pemberikan manfaat yang besar bagi para guru RA di Kabupaten Brebes dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan merdeka belajar yang bermakna bagi anak didik.(hid/Sua).