Hari ke-13 Ramadan, Keluarga Besar MTs Negeri 1 Banjarnegara Mulai Tunaikan Zakat Fitrah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Memasuki hari ke-13 puasa Ramadan siswa-siswi MTs Negeri 1 Banjarnegara mulai membayarkan zakat fitrah di laboratorium IPA. Semua siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara diwajibkan membayar zakat fitrah di madrasah. Selain kewajiban sebagai siswa Madtsansa, membayar zakat fitrah merupakan kewajiban setiap muslim di bulan Ramadan. Kewajiban siswa membayar zakat fitrah di madrasah ini sesuai dengan arahan pembina keagamaan MTs Negeri 1 Banjarnegara, Abdul Majid.

“Pembayaran zakat fitrah dilaksanakan di MTs Negeri 1 Banjarnegara, baik siswa maupun guru dan tenaga kependidikan. Untuk pembayaran zakat dilaksanakan di sela-sela kegiatan pesantren Ramadan. Tentunya pembayaran zakat fitrah ini disertai dengan niat yang dilafalkan kepada para petugas,” jelas Abdul Majid, Selasa, (4/4).

Selain untuk menyucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan, zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu, membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya yang dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat miskin yang serba kekurangan. Zakat fitrah ini khusus dilaksanakan selama bulan Ramadan, di luar waktu tersebut zakat fitrah dianggap sebagai sedekah

Teknis pembayaran zakat fitrah yaitu siswa datang ke laboratorium IPA. Mereka menemui petugas dan menyerahkan uang atau beras dan melaksanakan akad zakat fitrah. Besaran zakat fitrah jika berupa uang berjumlah Rp. 35.000, jika berupa beras maka sebanyak 2,7 kilogram dengan kualitas beras yang terbaik.  (Rin/ak/rf)