Pentingnya Edukasi Cegah Kenakalan Remaja, MTs Negeri 1 Banjarnegara Bekerjasama dengan BPHN

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Menilik zaman yang sudah banyak mengalami perubahan ternyata membawa dampak bagi manusia. Termasuk dalam bidang pergaulan yang sudah tercampur dengan riuhnya dunia maya. Banyak kejadian siswa meniru hal-hal negatif dari sosial media yang menyebabkan dampak buruh bagi beberapa pihak. Kali ini MTs Negeri 1 Banjarnegara bekerja sama dengan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) dalam ‘Mencegah Kenakalan dan Kriminalitas Anak dengan Memahami Nilai Pancasila dalam Kehidupan sehari-hari’.

Dalam bingkai membekali nilai-nilai hukum dan ketertiban, BPHN memberitahu siswa kelas 8A di kelas beberapa perilaku yang menyimpang maupun sesuai dengan Pancasila. Selasa (4/4) siswa kelas 8A menonton video berkaitan dengan perilaku remaja saat ini. Usai video diperlihatkan berikutnya dari BPHN menjelaskan bahwa zaman sekarang kita harus pintar menyaring perilaku yang baik dan buruk.

“Mari kita saring perilaku-perilaku mana saja yang patut kita tiru dan mana yang tidak untuk ditiru. Sekarang ini banyak sekali video berseliweran berkaitan dengan perundungan, pencurian, kekerasan seksual yang jauh dari nilai Pancasila,” jelas mereka.

Di akhir sesi siswa diberi merchandise berupa bolpoin berbentuk wortel. Bagi siswa mendapat merchandise merupakan hal yang menyenangkan. Ikhsanudin, wakil kepala urusan kesiswaan mengucapkan terima kasih kepada BPHN sudah memberi pencerahan kepada siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara.

“Yang menjadi kekhawatiran para orang tua sekarang adalah kenakalan remaja yang sulit dibendung. Kami ucapkan terima kasih kepada BPHN yang sudah memberi pemahaman kepada siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara tentang pentingnya menyaring informasi di media sosial,” pungkas Ikhsanudin. (Rin/ak)