Hari Raya Galungan Sebagai Momentum Ucap Syukur dan Tingkatkan Kualitas Diri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Perayaan Hari Raya Galungan telah dilaksanakan oleh umat Hindu di Kabupaten Karanganyar yang jatuh pada hari Rabu, 8 Juni 2022. Umat Hindu di Kecamatan Ngargoyoso menggelar perayaan Hari Raya Galungan di Pura Arga Badhra Dharma, Desa Ngargoyoso, Kecamatan Ngargoyoso.

Pada kesempatan ini Ketua PHDI Kabupaten Karanganyar, Bapak Widadi Nur Widyoko, S.Sos. memberikan Dharma Wacana. Dalam memaknai perayaan hari suci Galungan, Ketua PHDI Kabupaten Karanganyar memberikan ucapan selamat atas perayaan Hari Raya Galungan di Kecamatan Ngargoyoso.

Hari suci Galungan ini dimaknai sebagai hari kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (kejahatan/nafsu). Ketua PHDI Kabupaten Karanganyar menyampaikan bahwa, saat ini bukan lagi menang melawan penjajah, akan tetapi harus menang melawan diri sendiri. Bagaimana mengendalikan diri supaya bisa melawan hawa nafsu, itu yang disebut kemenangan.

Dalam perayaan hari suci Galungan ini, Ketua PHDI Kabupaten Karanganyar juga mengajak umat Hindu untuk terus bersyukur atas nikmat sehat, karena sampai saat ini masih dapat merayakan hari raya Galungan bersama-sama. Untuk selalu menjaga solideritas dan sinergisitas antar umat, lembaga maupun pemerintah, untuk selalu menjaga kerukunan antar maupun inter umat beragama. Karena, hal tersebut merupakan kemenangan yang sesungguhnya.

Selain sebagai hari peringatan kemenangan dharma melawan adharma, menurutnya hari raya Galungan memiliki makna yang sangat mendalam dalam mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan. Turut hadir dalam perayaan hari suci Galungan ini, Pengawas Pendidikan Agama Hindu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Ketua PHDI Kecamatan Ngargoyoso, dan pengurus lembaga Hindu lainnya. (Rama-Ida/Sua)