Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Brebes

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes  melaksanakan sosilaisasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada Sabtu, (11/06/2022) bertempat di Aula MAN 2 Brebes di Kecamatan Bumiayu dengan peserta seluruh kepala Madrasah Aliyah di wilayah Brebes Selatan yang berjumlah 28 peserta dari 14 Madrasah Aliyah yang hadir yaitu  kepala Madrasah  dan Waka Kurikulumnya. 

H. Fajarin Selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes dalam arah sekaligus paparan materi bertema kebijakan Pemerintah Dalam Pengimplemantasian Kurikum Merdeka Belajar  mengungkapkan. “Kurikulum Merdeka secara esensi merupakan alat untuk membantu anak dalam mencapai tujuan pendidikan, sebagai alat maka kurikulum dipandang harus mengikuti anak dalam membantu proses pendidikannya, sehingga mereka dapat hidup mandiri dan mampu berkompetisi baik secara nasional ataupun global,” ujar Fajarin.

“Filosofi Kurikulum Merdeka pada dasarnya sudah diungkapkan oleh Ki Hadjar Dewantara jauh sebelum Indonesia merdeka, dijelaskan bahwa tumbuh kembang anak terletak di luar kehendak dan kecakapan kita sebagai pendidik, selama ini mungkin kita lebih mendominasi proses belajar para siswa dan dengan Kurikulum Merdeka kita akan menyesuaikan, mengembalikan pada kodratnya,” tambahnya.

Beliau mengungkapkan bahwa Kurikulum Merdeka menyediakan layanan kepada setiap peserta didik agar masing-masing mereka sejak dini mengenali potensi-potensi uniknya yang dimiliki setiap siswa, para pendidik hanya mengarahkan guna mencapai kesuksesan berdasar minat dan bakat yang diberikan oleh Allah SWT/Tuhan yang Maha Esa  kepada setiap anak.

Dalam kegiatan sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar peserta dibekali materi  tentang Kebijakan  Kementerian Agama Tentang Kurikulum Merdeka Belajar. Pengutan Profil Pelajar Pancasila, Inovasi dan Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di Madrasah melalui implementasi KMA 184 Tahun 2019 dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah.

Dengan materi tersebut diharapkan adanya persamaan persepsi dan pengetahuan dalam rangka pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di madrasah masing-masing. Sosialisasi pada hari ini merupakan sosialisasi pertama dari 6 kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Brebes baik untuk jenjang MI, MTs dan MA.(Hid/Sua)