Istigatsah Dan Doa Bersama Bentuk Ikhtiar Kesuksesan Asesmen Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Menjelang ujian atau Assesmen Madrasah (AM) kegiatan istighatsah dan doa bersama (03/05) wali murid kelas IX telah dilaksanakan di MTs Negeri 1 Kota Semarang. Kegiatan istighatsah bertujuan untuk memohon kepada Allah Swt. agar para siswa kelas IX diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjawab soal asesmen yang akan berlangsung dan akhirnya lulus dengan predikat sanat memuaskan. AM dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 4 s.d. Jumat, 12 Mei 2023.

Kegiatan berlangsung lancar dan khidmat, sebagian besar wali kelas IX hadir dan berdoa bersama siswa kelas IX, bapak/ ibu guru dan pegawai, serta komite MTs Negeri 1 Kota Semarang. Dalam sambutannya H. Kasturi selaku Kepala Madrasah  menyampaikan prestasi-prestasi yang telah diperoleh siswa MTs Negeri 1 Kota Semarang. “Alhamdulillah, dalam lomba porseni MTs Negeri 1 Kota Semarang karena telah memenangkan sebagian besar lomba seperti pidato bahasa Arab, voli putra, stand up komedi, dan lainnya mewakili Kemenag Kota Semarang akan bertanding dengan madrasah lain ke tingkat provinsi. Selain itu, ada lima siswa MTs Negeri 1 Kota Semarang yang telah lulus ujian ke MAN IC,” urai beliau dan disambut tepuk tangan hadirin.

Kegiatan istighatsah bersama wali kelas IX juga bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat kepada para siswa agar lebih giat dalam belajar menghadapi Asesmen Madrasah. Asesmen Madrasah (AM) adalah Ujian Madrasah yang dilaksanakan kepada peserta didik kelas akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan. Dalam hal ini bagi siswa-siswi kelas IX.

“Semoga prestasi belajar siswa MTs Negeri 1 Kota Semarang dapat bertambah maju dan semakin meningkat. Prestasi siswa MTs Negeri 1 Kota Semarang perlu diacungi jempol dan lebih ditingkatkan lagi. Semoga MTs Negeri 1 Kota Semarang semakin maju, maju, dan maju,” seru H. Isdiyanto dalam sambutannya selaku Ketua Komite MTs Negeri 1 Kota Semarang, yang lagi-lagi disambut tepuk tangan hadirin, yang kebanyakan wali muris kelas IX.

Sebelum bacaan istighatsah dibaca yang dipimpin oleh ust. Saptono dan diiringi doa bersama yang dipimpin oleh ust. Marzuqi, yang kedua-duanya guru PAI, serentetan doa yang ditujukan kepada siswa-siswi yang akan menempuh AM dan diamini oleh semua yang hadir di majelis. Tampak para wali murid berdoa dengan khusyuk. Setidaknya istighatsah digelar untuk mengingatkan agar manusia selalu berzikir kepada Allah Swt. Adapun doa bersama memberikan harapan agar doa lebih dikabulkan karena banyaknya doa yang terpanjatkan akan semakin banyak yang meng-amin-kan, sehingga doa akan lebih mudah diijabah. Istighatsah dan doa bersama  merupakan salah satu bentuk ikhtiar islami agar dikabulkannya harapan bersama, kali ini untuk kesuksesan siswa-siswi menempuh Asesmen Madrasah. Amin. (Humas Emtessa/bd)