Jemaah Haji Apresiasi Layanan Haji Tahun Ini Baik dan dan Sempurna

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) – Upaya pemerintah untuk menyelenggarakan ibadah haji sebaik mungkin mendapatkan apresiasi dari jemaah haji. Peningkatan pelayanan sangat terasa ketika jemaah menunaikan ibadah di haramain.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Ishak Nur Khozain, jemaah haji kloter 54 SOC. Jemaah haji asal Kabupaten Sleman, Provinsi DIY ini mengatakan, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini meningkat luar biasa dari tahun sebelumnya. “Tahun kemarin banyak kejadian, salah satunya di Muzdalifah, Alhamdulillah tahun tidak ada masalah. Saya merasakan peningkatan layanan haji yang luar biasa,” kata Ishak ketika diwawancara setiba di tanah air, di Asrama Haji Donohudan.

Ishak yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) AN-Nur Sleman ini menilai, pelayanan haji baik di Tanah Air hingga Tanah Suci berjalan dengan lancar dan sempurna. “Ketika mau berangkat melalui Embarkasi Solo kita sudah dilayani dengan sangat baik. Begitu sampai di Tanah Suci, petugasnya juga ramah dan sigap. Hingga kepulangan haji ini, kami puas dengan layanan petugas haji,” kata Ishak.

Ishak bahkan menilai, pelayanan katering sangat mencukupi, bahkan berlebih. “Kalau boleh saya memberikan masukan, menunya sudah enak dan bisa dinikmati. Hanya saja terlalu banyak,” ujarnya.

Atas layanan tersebut, Ishak menyampaikan terima kasih kepada pemerintah. “Kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama yang sudah secara total melayani kami dengan baik. Semoga menjadi amal kebaikan dan mendapatkan pahala dari Allah SWT,” ucap Ishak.

Senada dengan Ishak, jemaah haji kloter 47 SOC Muhammad Aziz juga menilai layanan haji tahun ini meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ia menilai berdasarkan testimoni jemaah haji tahun lalu. “Saya kira pelayanan haji tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Pelayanan para petugas haji juga luar biasa, mereka sudah memberikan pelayanan yang terbaik dan begitu perhatian kepada kami jemaah haji,” kata Aziz ketika diwawancara setiba di Asrama Haji Donohudan.

Aziz berharap, pelayanan haji di tahun mendatang semakin baik. “Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah atas pelayanan haji tahun ini yang semakin baik. Mudah-mudahan semakin meningkat lagi pada tahun-tahun berikutnya,”pungkasnya. — iq/at