Kakankemenag : Junjung Tinggi Nilai-Nilai Sportivitas, Fair dan Profesional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KOTA PEKALONGAN – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekalongan melaksanakan tes kompetensi seleksi calon petugas haji 1444 H/2023 M dengan skema Computer Assested Test (CAT).

Ada 14 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti tes secara serentak di  Aula Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan. Pelaksanaan diawasi langsung H. Mundakir selaku Kasi PHU yang telah di tugaskan oleh Kepala  Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan untuk memastikan pelaksanaan rekrutmen PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter tahun 1444 H/2023 M penggunaan CAT sebagai bagian dari proses transformasi digital di Kementerian Agama yang di gelar di aula Kankemenag Kota Pekalongan, Rabu (25/1/2023) pagi.

Dalam sambutannya Kepala Kankemenag Kota Pekalongan, H. Kasiman Mahmud Desky, M.Ag saat membuka secara resmi kegiatan tersebut, menyampaikan dari seleksi tahap I ini diharapkan berlangsung lebih sportif dan kompetitif dan memperoleh petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas yang baik.

“Penggunaan CAT dalam rangka transformasi digital dan agar seleksi lebih sportif dan kompetitif. Seluruh peserta mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi petugas haji melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan,” ungkap Kakankemenag.

“Seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan rekrutmen petugas untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, fair, dan berlaku profesional,” sambungnya.

Dirinya berharap, para petugas haji asal Kota Pekalongan yang nantinya lolos dan dapat mendampingi Jamaah agar melaksanakan tugas dengan baik.

Sementara itu Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah kankemenag Kota Pekalongan H. Mundakir menyampaikan, peserta yang nantinya belum beruntung dan tidak terpilih sebagai petugas haji tahun ini agar tidak berkecil hati. Sebab, kesempatan untuk melayani tamu-tamu Allah terbuka luas pada tahun-tahun yang akan datang.

“CAT tingkat Kankemenag Kabupaten/Kota untuk hari ini  Ada 7 formasi yang tersedia, yaitu: petugas kloter (Ketua Kloter dan Petugas Pembimbing Ibadah Haji), petugas non kloter (petugas layanan akomodasi, transportasi, katering, pembimbing ibadah dan Siskohat),“ ungkap Mundakir

“Adapun materi CAT mencakup beberapa substansi, yaitu regulasi penyelenggaraan ibadah haji, fikih manasik haji, serta tugas dan fungsi petugas haji. Substansi CAT juga berkaitan dengan wawasan kebangsaan dan moderasi beragama.” jelasnya lebih lanjut.

Adapun Hasil seleksi CAT ini, akan diumumkan pada 26 Januari 2023 dan selanjutnya untuk calon petugas yang lolos akan mengikuti Seleksi CAT dan praktik tingkat provinsi Jawa Tengah akan diselenggarakan pada 31 Januari 2023 mendatang. (ANT/bd)