081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

11 11 Peserta Ikuti Seleksi Calon PPIH Kloter dan Arab Saudi Tingkat Kota Salatiga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Rabu (25/01), Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menyelenggarakan Seleksi Calon Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dan PPIH Kloter Tahun 1444 H/  2023 M. Seleksi dilaksanakan dengan system Computer Assisted Tes (CAT) secara online menggunakan smartphone di Aula Kankemenag Kota Salatiga.

Sebanyak 11 orang dari berbagai unsur mengikuti seleksi PPHI tingkat Kota Salatiga. Ada Kepala KUA, Kepala Madrasah, Kepala Seksi, Penyuluh, Staff KUA, dan guru tidak ketinggalan ingin mengikuti seleksi petugas haji tersebut. Kasubbag TU, H. Nurcholis saat membuka kegiatan menyampaikan kepada para peserta untuk mentaati tata tertib yang ada dan mengerjakan tes dengan sebaik-baiknya. “Tes CAT dimasudkan untuk memperoleh petugas haji yang memiliki dedikasi yang tinggi, loyalitas yang baik dan serta professional, maka kerjakan dengan sebaik-baiknya dan taati tata tertib yang berlaku.” kata Nurcholis.

Untuk diketahui Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) adalah petugas yang memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jamaah haji di Indonesia dan di Arab Saudi selama masa operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji. Pelaksanaan tes secara online dengan memanfaatkan teknologi informasi diharapkan menghasilkan petugas haji yang tidak hanya kompeten di sisi syariat tapi juga memahami teknologi, sehingga dapat memberikan layanan yang lebih maksimal kepada jamaah haji. Selain itu, CAT diharapkan dapat memberikan hasil yang transparan, akurat, dan akuntabel.

Sebelum tes dimulai, panitia penyelenggara terlebih dahulu membacakan tata tertib peserta calon petugas haji antara lain peserta seleksi wajib hadir paling lambat 30 menit sebelum acara dimulai, waktu mengerjakan maksimal selama 90 menit, tidak diperkenankan menggunakan laptop dan membawa HP cadangan, serta tidak diperkenankan membuka aplikasi lain seperti google, yahoo dll selain aplikasi CAT.

Pelaksanaan CAT hari ini, tidak ditemukan kendala yang berarti. Pengumuman lolos Seleksi di Tingkat Provinsi akan diumumkan tanggal 26 Januari 2023 kemudian Seleksi CAT dan Praktek Tingkat Provinsi pada tanggal 31 Januari 2023 dan pengumuman hasil seleksi tanggal 1 Februari 2023. (Humas/YF-KK)