Kakankemenag Salatiga : ASN Harus “BerAKHLAK”

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menggelar pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kankemenag kota Salatiga, yang diikuti 50 orang ASN di lingkungan Kemenag Kota Salatiga di Aula Kantor Kemenag Kota Salatiga, Senin (11/7/22).

Tampak hadir Kepala Kemenag kota Salatiga, Kasubag TU, Para Kasi dan Penyelenggara, Kepala Madrasah, Kepala KUA dan para JFT.

Adapun petugas pada bulan Juli ini adalah dari Seksi Pendidikan Madrasah dengan acara Pembinaan diawali dengan Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan menyanyikan Mars Kementerian Agama, Pembacaan Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, Kultum, Sambutan dan diakhiri dengan doa.

Dalam laporannya Kasi Pendidikan Madrasah, H. Qomarul Azis menyampaikan laporan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Seksi Pendidikan Madrasah.

Lebih lanjut Azis mengatakan ada dua Madrasah yang tutup yakni satu dari RA Darul Ilmi dan satunya dari MTs Al Madinah Salatiga.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menyampaikan apresiasi dan selamat kepada ASN Kemenag Salatiga yang telah lulus menempuh kuliah S2.  Harapan Taufiq,  ASN Kemenag untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dengan terus menggali ilmu pengetahuan dengan cara kuliah kembali.

“Utuk jenjang karir tentunya pendidikan S2 juga perlu, maka saran saya kita yang masih punya kesempatan dan kemampuan segera daftarkan diri sesuai dengan jurusan kita masing-masing,” tambah Taufiq.

Dan bagi guru-guru penerima gelar S2 sesuai dengan kualifikasi ilmunya semoga kariernya lebih baik lagi, pesan Taufiq.

Selanjutnya Taufiq mengatakan Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan core value Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu BerAKHLAK. Peluncuran Core Value ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional. Core Value BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif yang tertuang pada Undang-Undang No.5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara

“BerAKHLAK merupakan panduan perilaku bagi ASN. Nilai dasar yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab, dan menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional, dan ASN harus mempunyai orientasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.” kata Taufiq.

Dalam pembinaan itu juga disampaikan penerimaan SK KGB dan SK Pemakaian Gelar S2 dan dilanjutkan sosialisasi program S2 dari UIN Salatiga. (Humas/Khusnul-Fitri).