Kasi Bimas Islam Imbau Tindaklanjuti Pesan Menteri Agama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Senin (13/2/2023) Kankemenag Kota Semarang menggelar apel pagi di halaman kantor, yang diikuti oleh ASN di lingkungan setempat.

Bertindak selaku pembina apel pagi itu, Sumari, Kasi Bimas Islam. Dalam amanatnya, ia mengajak ASN di lingkungan kerjanya untuk turut mensukseskan program prioritas Kemenag, dan juga menindaklanjuti hasil Rakernas Kementerian Agama 2023.

“Beberapa waktu lalu telah dilakukan Rakernas Kementerian Agama, dan Menteri Agama telah menyampaikan 6 pesan untuk ditindaklanjuti oleh jajaran Kemenag yaitu, peningkatan profesionalisme ASN, komitmen anti korupsi, respon cepat penanganan isu di masyarakat, tercapainya 10 juta sertifikasi halal, dan tahun 2023 sebagai tahun kerukunan umat beragama,” tuturnya.

“Pada akhir Desember tahun lalu, ASN Kemenag telah mengikuti CAT IPMB, dan hasilnya 40% ASN Kemenag dinilai tidak profesional. Oleh karena itu, berbagai upaya dilakukan, diantaranya penyelenggaraan pembinaan, Diklat, dan beberapa kegiatan lainnya. Penyelenggaraan apel pagi merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan profesionalitas ASN di lingkungan Kemenag,” ujarnya.

Selain upaya dari instansi, Sumari mengimbau kepada ASN di lingkungan kerjanya untuk terus mengembangkan diri dan meningkatkan kompetensinya dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai abdi negara dan pelayanan masyarakat.

“Terkait dengan komitmen anti korupsi, ini selaras dengan upaya yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Kemenag Kota Semarang yang mencanangkan diri sebagai pilot project pembangunan Zona Integritas. Dan hari ini, Tim Pembangunan ZI akan menghadapi penilaian pendahuluan lanjutan oleh TPP Biro Ortala Kemenag RI. Mari kita sukseskan pembangunan reformasi birokrasi di lingkungan Kemenag Kota Semarang,” imbaunya.

Selain itu, ia menginformasikan pula, bahwa pada hari itu, Penyuluh Agama Islam akan mempresentasikan kerukunan dan penanganan konflik di Kota Semarang kepada mahasiswa mancanegara.

Pada kegiatan apel pagi itu, diserahkan pula SK Pengurus Pokjawas Kankemenag Kota Semarang masa bakti 2023-2027.(NBA/bd)