Pantau Tes Kebugaran, Kakankemenag: Kesehatan Bagian dari Istitha’ah Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Jum’at (10 Februari 2023), sebanyak 116 Calon Jamaah Haji Kota Salatiga Tahun 1444 H/ 2023 M berusia 60 tahun ke atas mengikuti kegiatan Pemeriksaan dan Pembinaan Kebugaran yang diadakan di UPTD SPNF SKB Cebongan Salatiga. Kegiatan terselenggara atas Kerjasama Dinas Kesehatan Kota Salatiga dengan Kemenag Salatiga dan Prodi IKFR FK Undip serta Perdosri Jateng-DIY.

Tes kebugaran dilaksanakan dua hari yaitu tanggal 10 dan 11 Februari 2023. Untuk calon jemaah berusia di bawah 60 tahun dilaksanakan pada tanggal 11 Februari di lokasi yang sama. Hadir Kepala Kemenag Salatiga, H. Taufiqur Rahman dan Kepala DKK Salatiga, Hj. Siti Zuraidah memantau pelaksanaan tes.

“Kesehatan merupakan salah satu syarat istithaah dalam melaksanakan ibadah haji selain pengetahuan dan ekonomi. Dalam hal ini, tes kebugaran merupakan wujud pembinaan dan pelayanan kesehatan calon jemaah haji sejak dini untuk memberikan perlindungan kepada jemaah dalam melaksanakan ibadahnya. Dengan terwujudnya kemampuan kesehatan, maka jamaah dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan ketentuan syariat Islam,” jelas Taufiq.

Tes kebugaran diawalai dengan pendaftaran pengukuran kebugaran, pemeriksaan kesehatan seperti tekanan darah dan wawancara terkait riwayat kesehatan oleh tim medis kemudian dilanjutkan pengukuran kebugaran dengan metode tes jalan. Diharapkan setelah melakukan test kebugaran, calon jamaah haji dapat berolahraga teratur dan menjaga pola makan agar berangkat ke tanah suci dalam keadaan kesehatan yang prima.(Humas/YF/Sua)