Kasi PD Pontren dan Kasi Penmad Sambangi Madin Nidaul Hikmah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kehadiran pendidikan diniyah sangat penting untuk anak anak. Pengamatan ajaran agama Islam dibutuhkan ilmu yang sesuai dengan sumber pengetahuan agama Islam. Karena itu eksistensi Madin ditengah tengah masyarakat sangat dibutuhkan. Sejalan dengan hal tersebut tentu dukungan dan partisipasi masyarakat juga penting.

“Selaku Instansi Kementerian Agama, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru Madin sebagi mujahid agama Islam yang telaten dalam mengajarkan ilmu agama kepada santri santri Diniyah. Ajaran Islam rahmatal lil alamin perlu kita implementasikan di Madin. Karena itu saya sampaikan bahwa untuk syarat PPDP pada lembaga MTs N dan MTs swasta harus melampirkan ijazah Madin atau surat keterangan bagi yang belum lulus Madin”. Demikian disampaikan Kasi Penmad, KH. Imam Gozali, pada saat kunjungan Silaturahmi di Madin Kec. Brebes.

Sementara itu Kasi PD Pontren, KH. Akrom Jangka Dosat menuturkan. “Kunjungan kami bersama dengan Kasi Penmad dalam rangka ingin mengetahui potret Madin dilapangan. Sehingga kami langsung turun ke Madin dengan menggali informasi langsung pada sumbernya. Informasi yang kami gali antara lain, tentang kegiatan PBM, honor Pendidik Madin, Syahriah (iuran bulan santri Madin) serta sumber dana untuk pengelolaan Madrasah Diniyah,” tutur Akrom.

Dalam kesempatan tersebut Kasi PD. Pontren menyampaikan beberapa hal terkait dengan penyelenggaraan Madrasah Diniyah. Tentu tidak semua Madin punya kearifan lokal yang sama.Contohnya di Bumiayu, santri Madin diajari dengan seni rebana. Disamping itu Madin juga diharapkan punya keunggulan tertentu, misalnya dengan hafalan juz amma dan beberapa keunggulan yang lain. Hal ini akan menjadi daya tarik masyarakat sekitar Madin

Hj Zaetun, Kepala Madin Nidaul Hikmah, desa Sigambir Kec. Brebes menyambut dengan sangat senang hati atas kehadiran Kasi PD Pontren dan Kasi Penmad.

Acara kunjungan Silaturahmi Kasi PD. Pontren dan Kasi Penmad didampingi oleh Ketua DPC FKDT Kab Brebes, Akhmad Sururi. Secara maraton kunjungan yg dilaksanakan hari Sabtu tanggal 6 Maret 2021 ke Madin wilayah Kec . Wanasari dan Brebes. Selaku Ketua DPC FKDT Kab Brebes,  beliau menyampaikan terima kasih kepada Kasi PD Pontren dan Kasi Penmad yg telah bersinergi dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan keagamaan Islam di Kab Brebes.(DA/Sua)