Kembali Berjuang Para Peneliti MTs Negeri 1 Banjarnegara Ikuti Lomba Riset Kemendikbud

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Para peneliti muda dari MTs Negeri 1 Banjarnegara kembali menuangkan idenya. Mereka dengan telaten menyusun proposal didampingi oleh para pembimbing. Dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa (OPSI) jenjang SMP/MTs tahun 2023 yang diadakan oleh Kemendikbud, MTs Negeri 1 Banjarnegara mengirimkan 3 proposal penelitian. Tidak main-main saingan mereka adalah siswa se-Indonesia Raya. Lomba OPSI ini memberi pilihan kepada peserta sebanyak 3 bidang penelitian yaitu Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa, serta Ilmu Pengetahuan Sosial Kemanusiaan dan Budaya.

Bukan hal yang mudah ketika tiga tim peneliti dari MTs Negeri 1 Banjarnegara menyelesaikan proposal penelitian. Oleh karena itu MTs Negeri 1 Banjarnegara kembali bekerja sama dengan peneliti muda dari Jogjakarta. Para peneliti muda tersebut yaitu Eva Rahman, Akhmad Khanif, dan Khakam Ma’ruf. Keahlian mereka tidak diragukan lagi karena sering melakukan penelitian bahkan sampai meraih berbagai medali baik tingkat nasional maupun internasional. Eva Rahman mengatakan bahwa dalam menyelesaikan proposal nanti harus serius dan harus siap berjuang habis-habisan.

“Pokoknya nanti dalam menyelesaikan proposal tidak boleh main-main. Konsepnya nanti kita belajar sambil bermain. Maksudnya anggap saja penelitian ini bukan suatu beban dan biarkan mengalir begitu saja. Masing-masing bidang nanti juga akan bimbingan dengan 3 orang berbeda jadi nanti kalian langsung membagi kelompok sesuai bidang penelitiannya,” kata Eva Rahman.

Penyelesaian proposal penelitian ini cukup memakan waktu. Selasa (3/5) tiga kelompok penelitian berhasil mengunggah proposal meski 1 kelompok terkendala, namun pada akhirnya semua selesai tepat waktu. Tri Widayati, koordinator pembimbing riset mengatakan sangat lega akhirnya bisa mengunggah proposal OPSI tepat waktu.

“Perjuangan yang tidak mudah bagi para kelompok riset kali ini. Terima kasih kepada Eva dan rekan yang sudah membantu kelompok riset MTs Negeri 1 Banjarnegara menyelesaikan proposal OPSI. Pada OPSI kali ini kita mengirim 3 proposal. Bidang ilmu pengetahuan alam dan lingkungan oleh Renata dan Aurel, bidang ilmu pengetahuan teknik dan rekayasa oleh kelompok Nibras dan Hanafi, bidang ilmu pengetahuan sosial kemanusiaan dan budaya oleh kelompok Athiya dan Erinna,” jelas Tri Widayati.

Mereka keluar dari laboratorium komputer dengan napas lega akhirnya bisa menyelesaikan dan mengunggah proposal lomba OPSI. (rin/ak/rf)