Lomba Tingkat SMP/MTs Semarakkan Mandura Fair 2023, Berikut Daftar Pemenang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang – Semarak Gelar Karya bertajuk Mandura Fair 2023 telah berlangsung. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, H. M. Kafit, pada hari Rabu 3 Mei 2023. Di depan penggung utama terdapat puluhan stand peserta didik yang menjual aneka produk.

Selain itu, pada hari pertama ini juga dimeriahkan dengan lomba yang diikuti peserta didik tingkat SMP/MTs. Ada tiga lomba yang diadakan yaitu pidato bahasa Inggris, kaligrafi dan majalah dinding (mading).

Para peserta lomba sebelumnya telah mendaftar secara online melalui tautan yang disediakan. Selanjutnya mereka bergabung di grup WA. Pada hari pelaksanaan para peserta diwajibkan untuk registrasi serta menyerahkan surat rekomendasi dari kepala sekolah/madrasah.

Lomba pidato bahasa Inggris diselenggarakan di ruang perpustakaan MAN 2 Rembang. Terdapat lima tema yang ditentukan panitia dan peserta dapat memilih salah satu dari tema tersebut.

Untuk lomba kaligrafi berlangsung di ruang kelas. Medianya berupa kertas berukuran 43 x 61 cm dengan maqra’ bebas. Peserta membuat tulisan minimal 2 khat serta tidak boleh menggunakan ornamen dari bahan-bahan jadi seperti, bunga, daun, atau stiker.

Sementara lomba mading digelar di ruang aula. Panitia menentukan tema “Kearifan Lokal” dengan seluruh proses pembuatan dilakukan di tempat lomba. Peserta membawa latar belakang dengan ukuran 100 x 100 cm. Unsur yang harus dipenuhi meliputi salam redaksi, opini, artikel, puisi, pantun, cerita lucu, cerpen, dan karikatur.

Setelah melalui proses penilaian dewan juri, pengumuman disampaikan selepas dzuhur. Daftar pemenang lomba pidato bahasa Inggris secara berurutan juara 1 sampai 3 diraih SMP N 2 Kragan, sementara MTs N 3 Rembang meraih juara 2 dan 3.

MTs Maslakul Huda Sluke menyabet juara pertama lomba kaligrafi, sementara juara 2 dan 3 diborong MTs Madrasah Muallimin Muallimat Rembang (M3R).

Sementara lomba mading yang berlangsung semarak, juara diraih MTs N 3 Rembang dengan judul “Tradisi Sedekah Laut dan Larung Sesaji di Tasikagung”. Juara 2 SMP N 2 kragan (Kragan dengan Kearifan Lokal), dan juara 3 MTs N 1 Rembang (Batik).

Tri Aryanti, salah satu guru pandamping yang hadir mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini yang berlangsung meriah terutama pada saat pembukaan. Ia juga bersyukur anak didiknya meraih juara 1 pada lomba pidato bahasa Inggris.

“Tentu sangat senang dan tidak menyangka karena waktu pembimbingan cukup terbatas dan dilakukan saat puasa. Kita langsung membuat teks yang sesuai kemudian bimbingan sekali dua kali sebelum lebaran,” ujar guru SMP N 2 Kragan tersebut.

Ia menambahkan proses bimbingan juga dilakukan selama libur lebaran. Anak belajar mandiri dan juga ada bimbingan secara online. Setelah masuk latihan dua kali untuk pemantapan.

“Kita juga mendapat kejutan dengan kehadiran kepala sekolah yang tampil di panggung menerima piala. Semoga hasil ini semakin memotivasi anak untuk terus berprestasi. Sukses juga untuk penyelenggaraan Mandura Fair,” pungkas Tri. -huda/iq/rf