Kemenag Kab. Temanggung Gelar Rapat Koordinasi Tokoh-Tokoh Agama Kristen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung mengadakan Rapat Koordinasi Tokoh-Tokoh Agama Kristen Tentang Pemberdayaan Ekonomi dan Penguatan Nilai-Nilai Kerukunan bagi Tokoh Agama Kristen bertempat  di Aula A Kantor Kementerian Agama Kab. Temanggung, Sabtu (20/07/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 79 tokoh-tokoh agama Kristen yang ada di Kabupaten Temanggung, diantaranya adalah gembala sidang, pendeta dan aktivis gereja dari berbagai denominasi gereja.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kankemenag Kab. Temanggung yang diwakili Kasubbag TU, H. Agus Latif didampingi Penyuluh Agama Kristen Lidia Ester Catur Wati.

Dalam sambutan dan pengarahannya Kasubbag TU, H. Agus Latif menjelaskan tentang 4 pilar kebangsaan dan bagaimana para tokoh-tokoh agama dapat memanfaatkan kesuburan tanah air Indonesia sebagai sarana peningkatan ekonomi keluarga.

“Empat pilar kebangsaan memberikan pembelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, guna meningkatkan kesadaran kita tentang kehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat. Gotong royong, toleransi, kerukunan dan hidup berdampingan merupakan nilai-nilai yang sejalan dengan Empat Pilar Kebangsaan,” katanya.

Menurutnya, segenap komponen stakeholders bangsa harus senantiasa menggelorakan rasa kebangsaan, semangat kebangsaan dan paham kebangsaan sebagai suatu terapi ideologis bagi upaya pembentukan tekad, sikap dan tindakan untuk menjamin tetap tegak dan lestarinya NKRI.

Lebih lanjut disampaikan merawat kerukunan menjadi tugas kita bersama tidak hanya tugas tokoh agama semata. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menanamkan keyakinan bahwa semua agama mengajarkan nilai-nilai budi luhur. Jika hal ini dilakukan maka tidak ada lagi elemen umat beragama yang merasa bahwa ajaran agamanya adalah paling benar. Penguatan kerukunan ini perlu dilakukan setiap saat dan tanpa mengenal waktu dalam setiap momentum.

Acara dilanjutkan dengan doa bersama bagi bangsa Indonesia, pemaparan materi tentang budidaya tanaman Kakao oleh Nikanor Kasmadi, ketua kelompok budidaya Kakao Kab. Temanggung. Salah satu peserta Pdt. Abednego Mesriyono menyampaikan kesannya terhadap kegiatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa seluruh peserta yang hadir sangat senang sekali mengikuti kegiatan tersebut, selain menambah ilmu, juga menambah pengalaman, sebab 70% dari peserta mengaku bahwa baru pertama kali masuk ke Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Temanggung.(est/sua)