081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Kemenag Kebumen Gelar Rukyatul Hilal Di POB Pedalen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen bersama Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Daerah Kabupaten Kebumen dan intansi terkait laiinya melaksanakan rukyatul hilal, yakni melakukan pengamatan apakah hilal sudah terlihat atau belum guna menentukan awal bulan Ramadhan 1444 Hijriyah, Rabu (22/03/23).

Berlangsung di Pos Observasi Bulan komplek Pantai Pedalen Kebumen, hadir diantaranya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin, ,Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Agama, perwakilan Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Daerah, tokoh ormas keagamaan Islam dan unsur terkait lainnya. Secara bergantian mereka melakukan pengamatan dengan menggunakan bantuan alat optik (menggunakan teleskop refrafktor semi semi – otomatis) maupun tidak (menggunakan mata telanjang) mulai pukul 17.53 hingga pukul 18:28 WIB. Namun karena terhalang cuaca, tidak ada satupun dari mereka yang mengaku melihat Hilal di sini.

Kepala Kankemenag H. Ibnu mengatakan, data hasil rukyat, baik terlihat maupun tidaknya hilal di lokasi Pos Observasi Bulan Pedalen, selanjutnya akan dikirim ke Kementerian Agama RI di Jakarta untuk menjadi bahan dalam sidang itsbat penentuan 1 Ramadhan 1444 H. Sidang diselenggarakan pada Rabu senja 22 Maret 2023.

“Hasil sidang ini yang kemudian menjadi dasar keputusan Menteri Agama menetapkan 1 Ramadhan 1444 H,” jelasnya.

Dijelaskan juga, bahwa Pos Observasi Bulan Pedalen ini merupakan satu di antara 104 pos rukyatul hilal tingkat nasional yang terdaftar di Kementerian Agama RI. POB ini juga menjadi satu di antara tiga pos rukyat hilal di Jawa Tengah bagian selatan (selain POB Bela Belu Yogyakarta dan POB Purwokerto).(fz/bd).