Kemenag Kota Semarang Sukses Gelar Upacara Bendera Peringatan HUT RI Ke-77

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Rabu (17/8/2022) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 yang digelar di halaman kantor.

Dengan mengenakan baju adat nasional, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kankemenag Kota Semarang baik yang bertugas pada kantor kota maupun Kantor Urusan Agama (KUA) mengikuti upacara tersebut.

Sebelum upacara dimulai, Moh. Ainor Rofiq penyuluh agama Islam, Habibil Huda pegawai Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Imron Rosadi pengawas madrasah, selaku komandan kompi menyiapkan pasukan.

Tepat pukul 07.00 WIB, Abdul Ghafur Kepala Seksi PAI selaku perwira upacara melaporkan kepada Rachmad Pamudji Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) selaku inspektur upacara, bahwa upacara siap dimulai.

Upacara pun dimulai.

Selama pelaksanaan upacara, Sri Yunianto Anwar pegawai Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Gara Zawa) selaku pemimpin upacara, dengan suara tegas dan lantang memberikan komando kepada pasukan.

Pasukan pengibar bendera yang terdiri dari Oktanto Adi Murtono, Arya Maulana dan Twianita Happy Silaning Utami, yang merupakan para Jabatan Fungsional tertentu (JFT), juga melaksanakan tugas dengan sempurna.

Tak kalah dengan para pengibar bendera dan pemimpin upacara, Rahmat Hidayat penyuluh agama Islam selaku petugas pembaca Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, dan Sriwahyuningsih selaku pembaca 5 Nilai Budaya Kerja Kemenag dan slogan Kankemenag Kota Semarang, juga sangat kompak dan lantang dalam membacakan kalimat demi kalimat.

Afriyanto Hidayat pegawai pada Seksi Pendidikan Madrasah (Dikmad), dengan sigap menjalankan tugasnya sebagai ajudan.

Harmonisasi tim paduan suara juga sangat apik dibawah kepemimpinan Sriyati pengawas madrasah selaku dirigent.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, tak luput dari panduan sang master of ceremony (MC) atau pemandu acara, Nunuk Nugraheni analis jabatan pada Sub Bagian Tata Usaha.

Selaku inspektur upacara, Rachmad Pamudji membacakan naskah proklamasi, teks pancasila dan amanat Gubernur Jawa Tengah. Selain itu, dalam kesempatan tersebut, ia juga menyerahkan satyalancana karya satya bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.

Selepas pelaksanaan upacara, diserahkan pula hadiah kejuaran lomba dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 tingkat Kemenag Kota Semarang.

Pada bagian lain, Rachmad Pamudji berucap syukur atas suksesnya penyelenggaraan upacara bendera yang dilaksanakan di instansinya. “Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar. Sang merah putih pun dengan sempurna dikibarkan. Meskipun peserta upacara harus mengenakan baju adat, tetapi semuanya nampak antusias dan senang,” tuturnya. Tak lupa ia juga menyempatkan diri memberikan ucapan terima kasih kepada para petugas upacara.(Dintha/Rus/NBA/bd)