Kloter 100, Akhiri Pemulangan Jemaah Embarkasi Solo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) – Kloter 100 SOC menjadi kloter pamungkas pemulangan jemaah haji dari wilayah Jawa Tengah dan DIY. Kloter ini mendarat di Bandara Adi Soemarmo Solo pukul 08.24 dan sampai di Embarkasi Solo pada Senin (22/7/2024) pukul 09.08 WIB.

Sebanyak 351 jemaah haji ini berasal dari 15 Kabupaten/Kota, yaitu Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Rembang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Grobogan Kabupaten Klaten, Kabupaten Batang, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kabupaten Banjarnegara, Kota Semarang, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulonprogo.

Para jemaah tampak gembira karena begitu sampai di Bandara Adi Soemarmo Solo, mereka disambut oleh petugas dengan sekuntum bunga mawar. Jemaah sampai di Asrama Haji Donohudan dan turun dari bus langsung menuju Gedung Muzdalifah.

351 jemaah tersebut disambut oleh Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI Arsad Hidayat, Kakanwil Kemenag Jateng Musta’in Ahmad dan Kakanwil DIY Ahmad Bahiej, serta segenap Petugas Penyelanggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo.

Arsad mengucapkan selamat datang kepada jemaah haji kloter 100. Dalam sambutannya, Arsad bertanya kepada jemaah bagaimana layanan haji di Tanah Suci, baik transportasi, konsumsi dan akomodasi. Semua jemaah menjawab sangat bagus dan puas. Arsad juga para jemaah haji menjadi haji yang mabrur.

Menurut Arsad, kemabruran haji ditunjukkan dengan perilaku yang lebih baik dan membawa kebaikan bagi masyarakat.

Arsad menyampaikan terima kasih kepada jemaah haji yang telah mengikuti aturan dengan tertib, baik aturan Pemerintah Indonesia maupun Arab Saudi, sehingga mendukung kesuksesan haji tahun ini. Sebagai contoh, sekitar 95 % jemaah haji Indonesia memiliki kartu nusuk.

“Kami ucapkan terima kasih atas partisipasi Bapak/Ibu jemaah dalam menyukseskan haji tahun ini,” ucapnya.

Pada pemulangan segenap pejabat menyapa dan bersalaman dengan jemaah. Dengan dijemput Bus dari masing-masing panitia Kabupaten/Kota, jemaah siap berpulang ke kediaman masing-masing, kembali berjumpa dan berkumpul dengan keluarga tercinta.

Selamat pulang ke tanah air para tamu Allah. Semoga menjadi haji yang mabrur. — tim humas