KUA Kec. Tanjung Akhirnya Memiliki Gedung Baru bagi Peningkatan Pelayanan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kerinduan Masyarakat Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes untuk memiliki Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji terwujud sudah. Pada Rabu, (23/09/2023), yang merupakan momen bersejarah dalam perjalanan KUA Kecamatan Tanjung. Karena pada hari tersebut Bangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji  KUA Kecamatan Tanjung secara resmi diserahterimakan  dari pihak Mitra Yori selaku Kontraktor kepada Plt. Kepala Kantor dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, H. Mad Soleh.

Acara Penyerahan gedung ini disaksikan oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Tanjung H. Hasyim Asari serta Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Brebes Faedurrohim, Pelaksana Bimas Islam, JFT. Perencana dan serta beberapa perwakilan dari pihak kontraktor.

Plt. Kepala Kantor dalam acara seremoni serah terima gedung, menyampaikan ucapan alhamdulillah kehadirat Allah SWT, karena setelah berproses hampir 4 bulan pembangunannya, akhirnya KUA Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes memiliki gedung  balai nikah dan manasik haji baru.

Beliau berharap agar gedung baru dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memberikan peningkatan pelayanan, menjadi pelayanan prima dan da[at diterima dengan baik oleh masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Tanjung.

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Brebes ini, juga menyampaikan, “Ucapan terima kasih kepada Kepala Kantor terdahulu  Bapak Fajarin, yang telah mewujudkan pembangunan gedung balai nikah dan manasik haji. Kepada semua pihak termasuk PPK dan Perencana yang telah terlibat aktif, sehingga penyelesaian pembangunan gedung dapat terealisasi sesuai dengan tenggang waktu yang disepakati” ungkapnya.

Beliau menceritakan bahwa, upaya dan usaha yang dilakukan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes tidaklah semudah dan semulus yang dibayangkan. Penuh liku- liku dan melelahkan. Namun karena doa dan ikhtiar kita bersama, akhirnya Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Tanjung dapat terwujud.

Untuk diketahui, menurut Mad Soleh selaku PPK dan sekaligus Plt. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes bahwa,  Pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Tanjung  dimulai tanggal  April 2023. Biaya Pembangunan berasal dari Dana Surat Berharga Syariah Mandiri (SBSN).

Adapun nilai kontrak pembangunan fisik menurut pria yang juga menjabat sebagai Kepala KUA Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes ini, sebesar  Rp. 1.225.776. 000,- dengan adendum Rp. 1.340.476.000,- Sedangkan untuk mendapatkan kontrak, pihak kontraktor mengikuti tender lelang melalui website LPSE.kemenag.go.id. Panitia lelang oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah yang sering disebut Pokja. Dari beberapa CV. yang mengikuti lelang, CV. Mitra Yori yang berhasil memenangkan lelang.(hid/Sua)