Kunjungan Kagamaan FKUB Kebumen, Ini Tempat Yang Dikunjungi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Salah satu program rutin Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)  Kabupaten Kebumen yang dilaksankan setiap tahun adalah kunjungan keagamaan ke tempat – tempat ibadah lintas agama. Hal ini sebagimana dilaksanakan pada Senin, (19/09), FKUB  kabupaten Kebumen mengadakan kunjungan lintas agama ke tiga tempat ibadah yaitu ke masjid Baiturrahman RS. PKU Muhammadiyah Sruweng, Masjid As Syifa RS. PKU Muhammadiyah Gombong dan Vihara Tirta Dharma Loka Sidoharum Kebumen.

Sebelum melaksankan kunjungan, rombongan FKUB yang dipimpin oleh K.H. Ahmad Nasihudin menyempatkan diri berpamitan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin di ruang kerjanya, Senin (19/09). Kepada Kepala Kankemenag, H. Nasihudin menjelaskan bahwa rencananya tim yang dipimpinnya akan mengunjungi sepuluh tempat ibadah lintas agama di Kebumen. Tujuannya adalah meningkatkan toleransi dan meningkatkan kerukunan antar umat beragama.

“Dengan saling mengunjungi, mudah – mudahan akan semakin meningkatkan rasa persaudaran, kerukunan dan toleransi antar umat beragama,” ujar H. Nasihudin.

Sementara itu, salah satu pengurus FKUB lainnya yakni Taukhid Alamsyah menjelaskan bahwa kunjungan ini juga sekaligus moniroing dan verifikasi atas beberapa pengajuan permohonan rekomendasi izin pendirian tempat ibadah.

Menemui dan memberikan pesan kepada tim FKUB, Kepala Kankemenag Kebumen H.  Ibnu Asaddudin mengatakan sangat berterimakasih dan mendukung kegiatan kunjungan ini, bahkan ia juga mengatakan siap mendampingi tim mengikuti kunjungan dari tempat ibadah satu ke tempat ibadah lainnya. Menurutnya, hal ini sejalan dengan misi Kementerian Agama yaitu meningkatkan kualitas kesalehan umat beragama dan memperkuat moderasi beragama dan kerukunan umat beragama.

Selain itu, menurutnya juga sejalan dengan visi misi Bupati Kebumen dalam upayanya mewujudkan kabupaten Kebumen yang SEMARAK, sejahtera, mandiri, berakhlak bersama rakyat. “Kerukunan masyarakat kabupaten Kebumen merupakan modal utama bagi terwujudnya persatuan dan kesatuan dalam rangka mencapai tujuan dan cita-cita pembangunan menuju kebumen Semarak,” katanya.(fz/bd).