Kunjungi Markas PMI, Kakankemenag Kebumen Lakukan Aksi Donor Darah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Kebumen H. Sukarno berkesempatan mengunjungi Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kebumen yang berada di JL. Aumbinang nomor 18, Rabu (23/08/2023). Dalam kunjungannya ia diterima dengan hangat dan ramah oleh Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto bersama dua pengurus lainnya.

Sebagaimana dijelaskan Sukarno kepada humas Kemenag, dia mengaku kedatangannya adalah dalam rangka melakukan donor darah sekaligus bersilaturahmi dengan Ketua PMI beserta jajarannya. Sebab menurutnya, selama ini telah terjalin kerjasama yang sangat baik antara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen dan PMI.

Jajaran Kemenag Kebumen baik madrasah maupun KUA terbukti selalu aktif berpartisipasi dalam penggalangan bulan dana PMI dan beberapa kegiatan PMI lainnya. Begitu juga sebaliknya, PMI Kebumen selalu ikut membantu di beberapa event yang diselenggarakan oleh Kemenag Kebumen seperti peringatan Hari Santri, Hari Amal Bhakti dan lain sebagainya.

“Walaupun secara pribadi saya sering bertemu dengan Pak Sabar Irianto di berbagai acara dinas, tapi kita belum pernah saling mengunjungi. Saya sendiri sudah sangat lama ingin melakukan donor darah namun baru kali ini bisa terlaksana, ” ungkap Sukarno.

Disampaikan juga bahwa dirinya sudah secara rutin melakukan donor darah setiap dua bulan sekali. Hal ini dia lakukan sejak lama sebelum dirinya ditugaskan di Kebumen. Karena sudah menjadi kebiasaan, maka menurutnya seperti ada sesuatu yang kurang jika belum melakukan donor darah setiap dua bulan sekali.

Disampaikan, selama menjadi pendonor, Sukarno mengaku justru banyak manfaat yang didapatkan. Karena sebelum melakukan donor tentu dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Dengan begitu kita jadi tahu kondisi kesehatan kita setiap mau donor.

“Tetapi motivasi utama saya adalah murni kemanusian dan ingin membantu sesama,” katanya.

Selain dapat mendeteksi kesehatan,  dari berbagai sumber dapat diketahui beberapa manfaat donor darah bagi pendonor seperti dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Membantu menghindari kegemukan, kontrol kolesterol darah, menghindari stres dan berbagai manfaat lainnya. Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah.

Dalam kesempatan kali ini juga dilakukan penggantian dan penyerahan Kartu Donor Darah H. Sukarno yang sebelumnya tertulis Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Pekalongan menjadi UDD Kabupaten Kebumen.Penyerahan dilakukan langsung oleh Ketua PMI Cabang Kebumen Sabar Irianto Kepada Kepala Kankemenag Kebumen H. Sukarno.(fz/bd).