Lestarikan Permainan Tradisional Kasti Lewat Classmeeting

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – MTs Negeri 4 Banjarnegara mengadakan classmeeting usai pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan kelas 8, bertempat di lapangan madrasah. Kegiatan diadakan sebagai ajang pertemuan sekaligus ajang kompetisi antarkelas. Kegiatan di koordinir oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan dibantu  pengurus OSIS. Cabang lomba yang dipertandingkan dalam classmeeting hanya olah raga, yaitu futsal, voli, dan kasti. Classmeeting dimulai (21/6) hingga Jumat mendatang (24/6).

Classmeeting merupakan agenda rutin di MTsN 4 Banjarnegara yang dilaksanakan tiap semester, setelah selesai pelaksanaan penilaian akhir semester dan penilaian akhir tahun.

“Karena kegiatan belajar mengajar telah selesai, sementara siswa belum libur, maka jeda waktu ini kami manfaatkan untuk kegiatan positif sebagai refreshing, yaitu diadakan classmeeting sebagai sarana unjuk kebolehan tiap-tiap kelas, dan kegiatan ini merupakan agenda rutin madrasah,” ujar Sarif Hikmayanto, Waka Kesiswaan MTsN 4 Banjarnegara.

Sementara itu, untuk lomba kali ini dipertandingkan olah raga permainan bola kasti. Permainan kasti dipertandingkan sebagai wujud kepedulian madrasah terhadap pelestarian permainan tradisional yang hampir punah.

“Permainan bola kasti merupakan permainan tradisional yang saat ini jarang terlihat lagi dimainkan oleh anak-anak. Untuk memasyarakatkan kembali olah raga permainan ini, khususnya kepada anak-anak madrasah, kali ini dipertandingkan di classmeeting ini. Sebagai wujud kepedulian kita terhadap budaya bangsa,” ujarnya.

Hari pertama classmeeting, dibuka oleh waka kesiswaan, dan langsung dipertandingkan futsal putra dan putri. Pertandingan berlangsung meriah disaksikan semua siswa yang menjadi suporter masing-masing kelas. Kegiatan classmeeting tiap harinya dijadwalkan mulai pukul 07.30 hingga pukul 12.00 WIB. (Khm/ak/rf)