Capacity Building, Optimalisasi Peran Penghulu

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal menyelenggarakan kegiatan capacity building penghulu untuk memaksimalkan tugas dan fungsinya sebagai garda terdepan KUA dalam pelayanan masyarakat dibidang keagamaan maupun persoalan pernikahan.

Kegiatan pengembangan kapasitas tersebut dilakukan secara formal dan informal dengan narasumber Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal yang memberikan pembinaan, dilanjutkan kegiatan outbound sebagai penggalian potensi, ciri khas, karakter dan aktualisasi diri. Dengan nuansa sejuk kebun teh Pagilaran, Batang peserta dengan angtusias mengikuti setiap rangkaian acara, Selasa (21/6).

Untuk memaksimalkan peran penghulu dibutuhkan internalisasi, kontrol, dan obyektifikasi terkait konsep dan model layanan yang prima dengan pengembangan kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan, perhatian (attention), tindakan (action) dan pertanggungjawaban. Sehingga penyelenggaraan peningkatan capacity building penghulu ini dilaksanakan dalam rangka penguatan kepemimpinan untuk peningkatan kualitas budaya kerja.

“Capacity building penghulu ini dalam rangka penguatan kepemimpinan untuk peningkatan kualitas budaya kerja termasuk program kerja Kemenag Pusat terkait  merevitalisasi KUA yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas umat beragama, memperkuat peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, memperkuat program dan layanan keagamaan serta meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan,” demikian dipaparkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Mahrus.

Lebih lanjut Mahrus mengatakan peningkatan kapasitas penghulu yang diwujudkan dalam kegiatan nonformal, menantang kekompakan dalam kebersamaan yang dibuktikan dengan mini games dan adanya costum yang diseragamkan. Sehingga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan performa dari penghulu.

“Pengembangan kapasitas sangat berkaitan dengan kemampuan SDM untuk mewujudkan penghulu yang profesional dan kompeten. Sehingga diharapkan setelah kegiatan ini setiap penghulu ada peningkatan kualitas dalam kepemimpinan maupun kinerjanya,” ungkapnya. (bel/rf)