Madrasah Miliki Kans Bersaing dalam PPDB Tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Kamis (16/6/2022) Dwi Yuliarti Mukhlis Abdillah selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang menghadiri Rapat Kerja (DWP) Kota Semarang, yang digelar di gedung PKK lantai 3.

Dalam kesempatan tersebut, kegiatan diisi tentang sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2022, yang disampaikan oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Semarang.

“Tahun ini PPDB Kota Semarang akan dilaksanakan secara online. Tadi narasumber menyampaikan jika jumlah peserta didik usia 6-7 tahun sebanyak 15.849 anak, sedangkan daya tamping SD Negeri hanya 14.226 siswa, sehingga ada sekitar 1.513 anak yang harus menempuh pendidikan SD di sekolah swasta atau madrasah. Sedangkan untuk jumlah kelulusan anak SD ada sebanyak 25.328 siswa, sedangkan daya tampung SMPN hanya 11.402 siswa, lagi-lagi ada 13.926 siswa yang nantinya harus menempuh pendidikan di sekolah swasta atau madrasah,” ujar Dwi Yuliarti.

Menurut Dwi Yuliarti, ini merupakan peluang emas bagi madrasah yang ada di Kota Semarang. Apabila madrasah dikelola dengan baik, dana prestasi-prestasi madrasah juga disosialisasikan dengan baik, maka madrasah akan menjadi lirikan pertama dari para wali murid maupun murid itu sendiri.

Lebih lanjut Dwi Yuliartu menginformasikan jadwal PPDB online. “Untuk tingkat TK/SD PPDB online mulai 13 Juni – 11 Juli. Untuk SMP jadwalnya tanggal 20 Juni – 11 Juli,” terangnya.

“Tahun ini untuk PPDB masih menggunakan sistem zonasi,” imbuhnya.

Penyelenggara menganggap pentingnya mensosialisasikan hal ini kepada DWP mengingat, anggota DWP adalah para kaum wanita yang notabenenya merupakan ibu-ibu, yang tidak perlu diragukan lagi kiprahnya dalam ikut serta mencarikan tempat menuntut ilmu bagi putra-putrinya.(Yuli/NBA/rf)