Petugas Siaga Setiap Saat Menerima Kiriman Koper Jemaah Haji Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Kamis (16/6/2022) nampak pemandangan yang berbeda pada aula Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang. Barisan koper jemaah haji Kota Semarang kloter 22 ditata rapi oleh petugas.

Oktanto Adi Murtono, Afriyanto Hidayat, Romadhon dan Mukhlis pegawai pada Kankemenag Kota Semarang begitu cekatan dan sigap dalam menerima setiap koper yang diserahkan oleh jemaah.

“Telah diinformasikan kepada jemaah haji Kota Semarang kloter 22, jika penyerahan koper besar pada hari ini (16/6/2022) pukul 08.00 – 12.00 WIB,” terang Oktanto.

“Tapi meskipun demikian, bukan berarti kemudian kami kaku, koper tetap kami tunggu sampai seluruh koper jemaah diserahkan kesini,” imbuhnya.

Mukhlis juga menuturkan akan segera melaporkan kepada Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Kasi PHU) selaku penanggung jawab pelaksanaan kegiatan pemberangkatan jemaah haji Kota Semarang, apabila ada jemaah yang belum mengumpulkan koper sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan. “Jika sampai jam 12.00 masih ada yang belum mengumpulkan, maka kami segera laporkan ke Pak Mawardi (Kasi PHU) agar jemaah bisa dihubungi,” ujar Mukhlis.

Sebagaimana disampaikan oleh Mawardi Kasi PHU Kankemenag Kota Semarang, bahwa adanya perubahan kebijakan dari Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) SOC Solo dalam pengiriman koper ke Donohudan, yaitu bukan dikirim 1 hari sebelum kedatangan jemaah di Donohudan, tetapi dikirim bersamaan dengan kedatangan jemaah.

Oktanto menuturkan jika jemaah yang tergabung dalam kloter 22, sebagian besar merupakan haji mandiri, sehingga tidak ada pengkoodinasian dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). “Berbeda dengan jemaah yang tergabung dalam KBIH, biasanya untuk pengiriman koper sudah dikoordinir oleh pihak KBIH, sehingga datangnya akan serempak. Kloter 22, jemaahnya sebagian besar mandiri, sehingga datangnya tar tir,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dayat, panggilan akrab Afriyanto Hidayat yang merupakan pegawai pada Seksi Pendidikan Madrasah (Dikmad).

Mereka semua berharap, seluruh koper telah mereka terima pada hari ini, sehingga memudahkan dalam hal pengadministrasian.(NBA/rf)