Manasik Haji Tingkat Kecamatan Bumiayu dan Bantarkawung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Bimbingan Manasik Haji tingkat  Kecamatan yang merupakan manzik haji zona 7 di Kecamatan Bumiayu dengan jumlah peserta 53 orang JCH (Jamaah Calon Haji) tahun keberangkatan 1443 H/2022 digelar oleh KUA Kec. Bumiayu berkolaborasi dengan KUA Kec. Bantarkawung bertempat di Aula eks Kawadenan Bumiayu, Jumat-Senin, (27-30/05/2022).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes hadir memberikan materi pada hari kedua, Sabtu,(28/5/2022). Drs. H. Fajarin, M.Pd., menekankan bimbingan manasik ini untuk memberikan pembekalan, pengetahuan dan wawasan kepada 53 orang Jemaah Calon Haji.

“Saya berpesan dan berharap agar  Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Brebes Tahun 2022 agar dapat mengikuti Bimbingan Manasik ini dengan bersungguh-sungguh dan selalu menjaga kesehatan tubuh,” harap Fajarin.

Dua hal tersebut, sangat penting untuk dilaksanakan. Mengapa? Karena pelaksanaan ibadah haji tidak saja menuntut JCH memahami materi manasik. Akan tetapi juga kesehatan menjadi yang penting karena hakekatnya ibadah haji merupakan ibadah yang memerlukan fisik yang tangguh dan prima.

Di kegiatan manasik haji kecamatan, seluruh jamaah calon haji diberikan pengetahuan, bimbingan serta pedoman dan tuntunan dalam pelaksanaan ibadah haji termasuk rukun dan tata cara ibadah haji.

Ucapan syukur dihaturkan H. Fajarin karena pada tahun 2022 ini ibadah haji kembali dilakukan. Tak terkecuali JCH dari Brebes juga diberangkatkan. “Kita berharap pelaksanaan ibadah haji dapat dilaksanakan dengan baik, tertib dan sesuai syariah. Mereka berangkat sehat dan dapat pulang dengan sehat juga. Untuk calon jemaah haji selama berada di Kota Suci melaksanakan ibadah haji untuk terus dipantau dan dibantu dari teman-teman Kemenag Brebes sehingga calon jemaah tenang, nyaman serta khusyuk dalam menjalani haji disana,” imbuh Fajarin.

Lanjutnya, Kakankemenag Brebes mengapresiasi pihak Camat Bumiayu dan Camat Bantarkawung karena telah memfasilitasi kegiatan manasik ini bersama pihaknya. Diharapkan dengan adanya manasik ini, maka pengetahuan tata cara beribadah haji bagi calon jemaah haji semakin paham dan melaksanakannya dengan baik.

Selanjutnya, 53 orang jamaah calon haji asal Brebes yang masuk dalam kloter 31 ini direncanakan akan memasuki asrama Haji Donohudan pada Jumat, (24/06/2022) dan akan diberangkatkan dari embarkasi Donohudan Solo menuju Arab Saudi pada Sabtu,(25/05/2022).(Hid/Sua)