Matsama Ceria Mim Kauman Wiradesa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan – Matsama singkatan dari Masa Ta’aruf Siswa Madrasah, adalah masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan Madrasah kepada peserta didik baru. Melalui Matsama, diharapkan para peserta didik baru akan dikenalkan mengenai sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah. Matsama ini dilaksanakan oleh seluruh siswa. Baik siswa kelas 1 baru maupun siswa kelas 2 sampai dengan 6. Matsama berjalan selama tiga hari berturut-turut dari hari senin, 17 Juli 2022 sampai dengan Rabu 19 Juli 2022.

“Tujuan dari matsama yaitu untuk mengenalkan lingkungan sekolah atau madrasah kepada siswa baru dan juga seluruh warga madrasah.” tutur Djoko Susilo selaku kepala Madrasah.

Adapun rincian kegiatannya yaitu mulai senin, dilaksanakan apel pagi di halaman  dan ta’aruf seluruh guru staf karyawan MIM Kauman. Dilanjutkan kegiatan di dalam kelas untuk saling berkenalan dengan wali kelas dan teman sekelas. Dalam matsama ini, disediakan jajan sehat dari kantin MIM Kauman disaat istirahat. Jam kedua berisi materi ta’aruf dilingkungan madrasah.

Hari kedua matsama, siswa kelas satu diawali dengan game di dalam kelas, dilanjutkan ta’aruf tokoh Muhammadiyah di lingkungan madrasah. Disini MIM Kauman mengundang Bapak K.H. Nadhim, B.A. sebagai tokoh agama dari Muhammadiyah dan Ibu Nashiroh sebagai tokoh dari Aisyiyah. Di tengah-tengah perkenalan tokoh tauladan ini, disisipkan acara pelepasan balon berisi tulisan cita-cita dari siswa kelas 1. Di akhiri dengan kegiatan nonton bareng adab makan dan kisah islami. Adapun kelas atas (2 s.d 6) diawali dengan senam sehat ceria di halaman kemudian menuliskan cita-cita dan menghias kelas.

Hari ketiga matsama tentunya masih dalam konsep ta’aruf. Dimana pada hari ketiga ini seluruh siswa dan guru karyawan melaksanakan pawai ta’aruf ke lingkungan sekitar MIM Kauman. Kegiatan penutup dari matsama yaitu makan bersama di halaman MIM Kauman. Semua siswa tampak senang dan antusias dalam kegiatan matsama. Tentunya menjadi semangat untuk melaksanakan pembelajaran pada hari berikutnya. (Lia/Red/rf).