Hari Kedua, Siswa Dikenalkan Moderasi Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali – Hari kedua kegiatan Masa Ta’aruf  Siswa Madrasah MIN 3 Boyolali, Selasa (19/07) siswa diberikan materi mengenai moderasi beragama yang disampaikan oleh Joko Suroyo dan Agus Pintu Iswahyudi yang merupakan tenaga pendidik di MIN 3 Boyolali.  

Materi yang disampaikan mengenai pentingnya moderasi beragama untuk menjaga keberagaman dan memperkuat kerukunan bangsa. Sebagaimana diketahui indonesia sebagai negara yang majemuk memiliki banyak perbedaan, baik itu suku, agama, bahasa dan budaya. Oleh karena keberagaman yang dimiliki, maka dipandang perlu untuk memberikan pengenalan moderasi beragama secara dini kepada kepada siswa siswi madrasah ibtidaiyah

“Kita harus menghargai esensi  ajaran agama itu sendiri, di antaranya menghargai kemanusiaan. Misalnya kita berbeda agama, suku, bahasa, dan budaya, tapi kita sesama manusia harus saling menghormati, apalagi Islam mengajarkan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan,”papar Joko Suroyo

Setelah diberikan materi moderasi beragama, peserta didik bersama-sama menyanyikan lagu-lagu nasional diantaranya lagu Indonesia Raya dan Garuda Pancasila, serta lagu-lagu daerah, Apuse dan Sue Ora Jamu. Selain itu Peserta didik juga dikenalkan lagu Mars Madrasah dan Hymne Madrasah yang dipandu oleh Islamiyah dan Eko Supriyanto.

Terpisah, Kepala MIN 3 Boyolali suparmin, menyampaikan bahwa pengenalan moderasi beragama perlu ditanamkan sejak dini. Mengingat kemajemukan yang ada di indonesia, khusunya lingkungan tempat tinggal siswa madrasah. Diharapkan dengan dikenalkannya moderasi beragama siswa siswi MIN 3 boyolali dapat memperkokoh kerukunan yang selama ini telah terjaga dengan baik.

“Sengaja kami kenalkan moderasi beragama kepada siswa siswi, agar mereka tahu bahwa indonesia itu besar, indonesia itu beragam, indonesia itu damai walaupun terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, agama, dan budaya yang bermacam macam, mereka saling hormat menghormati, bersama membangun indonesia dengan segala keberagaman yang ada, tentunya materi yang disampaikan disesuaikan dengan usia siswa madrasah,”  tandasnya.

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) adalah masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan Madrasah kepada peserta didik baru. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari penerimaan siswa baru pada madrasah.  Kegiatan Masa Ta’aruf  Siswa Madrasah MIN 3 Boyolali dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 18 s.d.20 Juli 2023 dan diikiuti oleh 588 siswa mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. (SS/ZN/Jaim/rf)