Matsama, MTs.N 2 Kebumen Edukasi Siswa Tertib Berlalu Lintas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Pelaksanaan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) Tahun 2022 ini selain dikenalkan tentang kemadrasahan siswa baru juga ditanamkan sikap dan karakter taat berlalu lintas. Hal ini karena lokasi gedung MTsN 2 Kebumen yang terletak pada posisi rawan kecelakaan berlalu lintas terutama pada jam- jam pagi menjelang pukul 06.30 dan  jam siang pukul 14.30, yakni lokasi jalan Cenderawasih Tamanwinangun Kebumen yang berada pada posisi pertigaan yang merupakan pertemuan antara jalan Kejayan (jalan menuju arah bocor dan jalan Cenderawasih dari arah Selang menuju arah barat ke Jalan Pemuda, sedangkan lokasi MTsN 2 Kebumen lokasi jalan HM Sarbini Kebumen merupakan lokasi jalan yang ramai setelah adanya perubahan jalur lalu lintas di dalam kota Kebumen.

Hal inilah yang menginspirasi MTsN 2 Kebumen untuk memberiakan bekal pengetahuan dalam berlalulintas, terlebih kepada para peserta didik baru MTsN 2 Kebumen. Banyak diantara mereka berasal dari wilayah pedesaan yang jarang berkendara dalam situasi padat. Hari kedua matsama, MTsN 2 Kebumen mengundang Satlantas Polres Kebumen untuk mengedukasi dan penanaman sikap taat berlalu lintas. Hal ini didasarkan dari jarak yang ditempuh siswa MTsN 2 Kebumen dengan rumah masing-masing siswa bervariasi dan kebanyakan cukup berjarak.

Matsama digelar  sejak Senin hingga Rabu, 17-19 Juli 2022, diikuti oleh 352 siswa. Dengan materi dinamika kelompok, penjelasan tentang kebiasan belajar dan mengajar di MTsN 2 Kebumen, materi tentang moderasi beragama, shalat dhuhur berjamaah dan diakhiri dengan refleksi.

“Saya mengucapkan Selamat kepada semua siswa klas 7 yang mengikuti Matsama kali ini, kalian adalah anak – anak terpilih. Karena dari 800-an pendaftar, hanya diambil 352 siswa. Jadi kalian adalah anak-anak pilihan.” Tutur H.Sugeng Purwanto, saat membuka kegiatan Matsama (17/7).

Hari kedua dimulai dengan apel pagi, siswa dilatih kedisiplinan, kerapihan dan keberanian berekspresi. Hari kedua ini hadir dua anggota Polres Kebumen Pak Musakir dan pak Erwin untuk lokasi Jl. Cendrawasih dan Pak Jono untuk lokasi Jl. Sarbini. Materi disampaikan dengan santai tentang Siap Diri, siap kendaraan dan siap tertib kepada siswa. Di akhir sesi pak Polisi memberikan hadiah untuk siswa yang memahami materi dengan baik.

“Mereka harus menempuh perjalanan di jalan raya dan hal ini jika tidak dibekali dengan kemampuan dan kesadaran taat berlalu lintas dapat membahayakan siswa.” Pungkas Sugeng Purwanto (Brs/Fz/bd).