Meriah, MI Islamiyah 01 Rakit Gelar Akhirusanah dan Wisuda Kelas VI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Setelah selesai melaksanakan rangkaian kegiatan ujian atau Asesment Madrasah siswa dan siswi kelas VI MI Islamiyah 01 mengadakan kegiatan pungkasnya selama menjadi murid di Madrasah ini, yaitu kegiatan yang diberi tajuk “Akhirusanah dan Wisuda klas VI MI Islamiyah 01 Rakit Tapel 2022/2023” yang digelar pada hari Kamis (15/6) di halaman Madrasah dengan di hadiri sebanyak 110 orang diantaranya adalah 36 siswa kelas VI, 36 wali siswa kelas VI, 7 tamu undangan, 11 dewan guru dan  20 adik kelas .

Kegiatan ini dipersiapkan hanya dalam waktu 5 hari, karena banyak pertimbangan dan alasan, walaupun persiapannya sangat singkat prosesi rangkaian acara akhirusanah dan wisuda hari ini sangat meriah dan khidmat.  Sebelum acara dimulai diawali dengan kirab wisudawan dan dewan guru memasuki ruangan wisuda, dilanjutkan dengan khotmil Qur’an yang di bacakan oleh para wisudawan.

Acara ini di selingi dengan banyak tampilan berupa tarian tradisional yang diperagakan oleh anak-anak kelas 4, dan tampilan beberapa lagu yang dibawakan oleh salah satu wisudawan yang telah membawa nama baik Madrasah di kancah PORSEMA tingkat Provinsi yaitu Banu Asmar Sani.

Siti Barokah selaku Kepala Madrasah dalam sambutannya menyampaikan pesan dan nasehat kepada siswa kelas VI agar mereka tetap menjaga nama baik Madrasah dimanapun mereka berada “ Walaupun kalian sudah tidak tercatat menjadi siswa MI Islamiyah 01 Rakit, saya berpesan agar kalian tetap menjaga nama baik Madrasah dimanapun kalian berada dengan cara bersikap yang baik yang mencerminkan akhlakul karimah, karena dengan sikap yang baik atau buruk itu efeknya akan membawa nama banyak pihak,” tegasnya.

Ketika prosesi wisuda dilaksanakan nama semua siswa kelas VI di panggil dengan menyebutkan nama orang tuanya, wisudawan yang dipanggil namanya menuju ke panggung dan menerima penyematan kalung wisuda dan sekuntum bunga. Setelah selesai prosesi wisuda, acara dilanjutkan lagi dengan penampilan regu koor dari siswa kelas VI yang membawakan rangkaian lagu berjudul selamat tinggal guru dan kawanku, terimakasih guruku dan syukur.

Selama penampilan regu koor inilah suasana menjadi berubah melankolis, banyak hadirin yang meneteskan air mata, terlebih para wisudawan dan dewan guru, mereka terbawa oleh syair lagu yang berisi tentang perasaan mendalam menggambarkan bagaimana besar pengorbanan dan jasa guru, dan tentang perasaan berat meninggalkan teman-teman yang telah memberikan banyak kenangan di hati siswa kelas VI.

Pada acara ini pihak Madrasah juga memberikan penghargaan kepada 3 siswa lulusan terbaik yaitu Yara Althafunnisa Putri, Nailaa Alifah Alfaa Kamila, dan Akhna Sary Zilvy. Semoga dengan adanya kegiatan akhirusanah dan wisuda ini menjadikan moment yang selalu di kenang oleh siswa kelas VI bahwa mereka pernah melalui banyak peristiwa dan belajar di MI Islamiyah 01 Rakit. (af/rf)