MI. Futuhiyyah Palebon “Melangkah Bersama Qiroati, Menuju Masa Depan Qur’ani”

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, 27 Mei 2023

Melangkah Bersama Qiroati Menuju Masa Depan Qur’ani, itulah tema yang dipampang pada biground saat pelaksanaan kegiatan Khatmil Qur’an dan Imtihan ke III Pendidikan Al Qur’an MI. Futuhiyyah Palebon.

Tema tersebut ditulis bukan tanpa tujuan, akan tetapi memiliki maksud dan harapan yang agung; yaitu sebuah harapan dan cita – cita yang tinggi dari lembaga pendidikan MI. Futuhiyyah Palebon bahwa setiap siswa – siswi yang lulus dari MI. Futuhiyyah Palebon diharapkan tidak hanya mendapatkan ilmu yang berdasarkan kurikulum saja, akan tetapi diharapkan juga agar setiap siswa yang lulus dari MI. Futuhiyyah Palebon mampu memahami ilmu Al Qur’anul Karim. Maka dalam kegiatan pembelajaran sehari hari MI. Futuhiyyah Palebon juga memberikan tambahan pelajaran yang disebut dengan tahsinul Qur’an dengan metode Qiro’ati.

Dengan penambahan pembelajaran tahsinul Qur’an dengan metode Qiro’ati tersebut diharapkan anak mampu membaca Al Qur’an dengan kaidah bacaannya serta mampu memahami hukum bacaan dan gharib. Dan syukur Alhamdulillah pada tahun ini MI. Futuhiyyah Palebon telah mampu melaksanakan Khatmil Qur’an serta Imtihan periode yang ke III. Mengapa harus disyukuri karena untuk dapat melaksanakan kegiatan Khatmil Qur’an dan Imtihan itu prosesnya sangat panjang, harus melalui tahap demi tahap, mulai dari pembelajaran jilid yang terdiri atas 6 jilid pada setiap jilidnya harus lulus tes, kemudian harus menyelesaikan pembelajaran tajwid dan Gharib, mengikuti ujian Pra Ebtaq dan mengikuti Ebtaq yang dalam ujian tersebut pengujinya langsung dari korcam atau korcab Qiro’ati, dan yang diujikan dalam Pra Ebtaq maupun Ebtaq tidak hanya terkait seputar Al Qur’an akan tetapi juga amaliah yang lainnya seperti wudhu, sholat dan lain – lain. Dan semua itu harus dipraktikkan oleh anak, sehingga memang betul – betul merupakan proses yang panjang.

Kegiatan Khatmil Qur’an dan Imtihan ke III Pendidikan Al Qur’an MI. Futuhiyyah Palebon yang dilaksanakan Sabtu, 27 Mei 2023 di Musholla MI. Futuhiyyah Palebon tersebut dihadiri selain peserta khatmil Qur’an juga dihadiri oleh Koordinator Qiro’ati Cabang Semarang 02, Koordinator Qiro’ati Kecamatan Pedurungan, Segenap Pengurus Yayasan Pendidikan Islam Futuhiyyah Palebon, Komite, Kepala dan Segenap guru, Wali Murid serta tamu undangan lainnya.

Dewi Imut Akhiroti selaku Koordinator Pendidikan Al Qur’an MI. Futuhiyyah mengatakan; saya merasa bersyukur, karena saya bersama teman – teman yang diamanati untuk mengajarkan Tahsinul Qur’an yang dimulai dari jilid sampai dengan Al Qur’an, Alhamdulillah pada tahun ini bisa mengikutsertakan siswa – siswi untuk ikut Pra Ebtaq dan Ebtaq dan Alhamdulillah dapat lulus dengan baik, sehingga pada hari ini dapat melaksanakan kegiatan Khatmil Qur’an dan Imtihan yang ketiga.

Sementara itu Koordinator Cabang Semarang 02 Qiro’ati Misbahul Munir, AH dalam sambutannya mengatakan; marilah kita bersama – sama belajar dan Mengajarkan Al Qur’an, karena Al Qur’an adalah pedoman hidup manusia. Membaca Al Qur’an tidak hanya sekedar mengerti huruf – hurufnya, akan tetapi harus mampu membaca dengan baik sesuai dengan kaidah dan hukum bacaannya, maka dengan metode Qiro’ati diharapkan anak mampu membaca Al Qur’an dengan Fashohahnya, tajwidnya, dengan Tartil, bahkan mampu menghafalkan dan mempraktikkan bacaan – bacaan gharibnya.

Untuk itu, mari kita belajar dan mengajarkan Al Qur’an. Karena Barangsiapa yang mengurusi Al Qur’an maka ia akan mendapatkan keberkahan dari Al Qur’an itu sendiri. Barangsiapa yang mengurusi Al Qur’an, maka hidupnya akan diurusi oleh Allah SWT sebagai sumber utama Al Qur’an itu sendiri.

Slamet Agus Wahid selaku Kepala MI. Futuhiyyah Palebon mengatakan, bahwa kegiatan khatmil Qur’an dan Imtihan akan terus berusaha dilakukan setiap tahun, agar supaya anak – anak yang lulus dari MI. Futuhiyyah Palebon punya bekal mampu membaca Al Qur’an dengan baik dan benar, saya juga berharap dan menghimbau, agar para asatidzah Pendidikan Al Qur’an berusaha semaksimal mungkin agar tahun depan yang dapat mengikuti Pra Ebtaq dan Ebtaq bisa lebih banyak lagi. (SAW/bd)