MI Takhasus Darul Ulum Raih Juara 1 LCTP Siaga 2023 Kwarran Ngaliyan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Sabtu (22/7/2023),  MI Takhasus Darul Ulum Ngaliyan berhasil meraih Juara 1 atau Tergiat I Putra dan Tergiat I Putri, dalam Lomba Cepat Tangkas  Pramuka (LCTP)  Siaga 2023 Kwarran Ngaliyan yang digelar di SDN Wates 01.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 17 SD dan MI se-Kecamatan Ngaliyan, dan masing-masing sekolah/madrasah mengirimkan kandidat terbaiknya, 3 nanda Siaga Putra untuk Tim Siaga Putra, dan 3 nanda Siaga Putri untuk Tim Siaga Putri.

Tema yang diusung dalam LCTP Siaga 2023 Kwarran Ngaliyan yaitu, Siaga Jujur, Sportif, dan Berprestasi.

Kompetisi berlangsung selama 1 hari, diawali dengan upacara pembukaan, babak penyisihan, permainan besar bersama, dan babak final.

Adapun materi yang diperlombakan yaitu, pengetahuan umum, pengetahuan kepramukaan, peristiwa penting selama semester pertama tahun 2023, syarat kecakapan umum dan khusus, syarat Pramuka Garuda, teknik kepramukaan, dan wawasan nusantara.

Dalam babak penyisihan, masing-masing peserta diminta untuk mengerjakan 50 soal pilihan ganda selama 30 menit. Sedangkan yang berhak masuk ke babak final hanya 6 regu yang berhasil meraih nilai tertinggi baik pada regu putra maupun regu putri.

“Berbeda dengan babak penyisihan, pada babak final, pada soal wajib, peserta diberikan pertanyaan sebanyak 5 butir, untuk penyampaian jawabannya secara lisan oleh juru bicara. Masing-masing soal diberikan waktu berpikir maksimal 15 detik. Sedangkan pada soal praktik, waktu yang diberikan maskimal 30 detik setelah soal dibacakan. Selain soal wajib, ada pula soal lempar rebut, dan juga soal rebutan,” terang Nurul Qomariyah selaku Kepala MI Takhasus Darul Ulum Ngaliyan.

“Alhamdulillah, Tim Siaga Putra MI Takhasus Darul Ulum Ngaliyan berhasil mengumpulkan 1.400 poin, sedangkan Tim Siaga Putri berhasil mengumpulkan 800 poin. Jumlah poin yang diraih baik oleh Tim Siaga Putra maupun Putri berhasil mengungguli peserta lainnya, sehingga menobatkan keduanya sebagai Juara Tergiat I Siaga Putra dan Putri,” ungkapnya.

Ia menuturkan, Tim Siaga Putra dan Putri MI Takhasus Darul Ulum akan mewakili Kwarran Ngaliyan di tingkat Kota Semarang yang akan dilaksanakan di SMAN 13 Semarang pada 29 Juli 2023.(Atun/NBA/bd)