MTQ Sarana Implementasi Nilai-Nilai Al Quran Dalam Keseharian

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Ketua Panitia Khaerul Abidin melaporkan, tujuan digelarnya MTQ antara lain untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Juga untuk meningkatkan dan mendorong semangat masyarakat memahami dan menghayati Al Quran. MTQ diikuti 304 peserta dari 17 Kafilah (kontingen) se Kabupaten Brebes

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-29 tingkat Kabupaten Brebes merupakan bagian dari syiar  guna meningkatkan implementasi nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. Dengan MTQ dapat  mengingatkan kembali setiap insan agar senantiasa meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dalam rangka mengharap ridha-Nya. 

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH dalam  pembuka MTQ yang ditandai dengan pemukulan Bedug, di Aula Islamic Center Brebes, Selasa, (14/06/2022). “MTQ ini salah satu sarana dalam mempererat tali persaudaraan sebagai Umat Islam dalam menjgimplemetansikan isi kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Narjo.

Beliau meyakini masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai Quran dan menjalankannya dengan baik maka akan hidup dengan tenang, damai sehingga memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa menuju kesejahteraan masyarakat.

Pelaksanaan MTQ ke. 29 tahun 2022 diikuti oleh 17 kafilah yang mewakili kecamatan sekabupaten Brebes yang mengikuti 2 Cabang  yaitu cabang Hifzil dan cabang tilawah, 8 golongan  yaitu Hifzil 1 Juz + Ma’atilawah, 5 Juz + Ma’atilawah, 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz. Cabang Tilawah anak, remaja dan dewasa serta Tartil. 

Wakil Bupati Brebes berpesan agar momen gelaran MTQ dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, terutama sebagai ajang untuk mengasah dan meningkatkan ketrampilan membaca dan menghafal Al Quran secara baik, benar dan penuh dengan keindahan. Sehingga bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat untuk lebih mempelajari dan mendalami Al Quran.

Dalam kesempatan Pembukaan MTQ juga diserahkan piala bergilir dari Juara Umum sebelumnya, Kecamatan Bulakamba kepada Wakil Bupati Brebes dan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kab Brebes untuk diperebutkan kembali.

Acara  Pembukaan MTQ didahului dengan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dewan Hakim dan Panitera yang akan bertugas melakukan Penjurian oleh Ketua LPTQ. Hadir pada pembukaan MTQ tahun 2022 tingkat Kabupaten Brebes antara lain Wakil Bupati Brebes, Narjo SH. MH, Sekda Brebes, Ir. Djoko Gunawan, MT., selaku Ketua LPTQ Kabupaten Brebes, perwakilan dari Polres Brebes yaitu KBO Binmas Polres Brebes, Muhamad Afandi, Danramil Brebes, Kapten Kunpriyanto, KasubagBin Kejaksaan Negeri Brebes, Yashinta Irinne Marianna, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, beberapa Kepala OPD, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua Baznas, Ketua MUI, Camat dan Kepala KUA se-Kabupaten Brebes.(Hid/Sua).