MTs Negeri 2 Banjarnegara Peringati Hari Kemerdekaan RI ke 77 dengan Mengenakan Baju Adat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Suasana Rabu pagi (17/8) di MTs. Negeri 2 Banjarnegara nampak lebih cerah dari biasanya, mulai dari pintu masuk sampai halaman madrasah tempat pelaksanaan upacara memperingati hari Kemerdekaan RI ke 77cerah ceria dengan pakaian adat. Hampir seluruh GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) memakai pakaian adat ciri khas daerah yang ada di tanah air, balutan warna-warni dari pakaian adat menambah nuansa semangat mengikuti upacara.

Tepat pukul 07.30 wib upacara di mulai, petugas upacara sampai semuanya mengenakan pakaian adat sedangkan peserta didik mengenakan seragam OSIS, pramuka dan identitas. Dalam sambutannya sebagai pembina upacara Kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara Ratna Ayu Kartika Wulan, sangat mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta upacara yang telah mengambil bagian untuk mengikuti upacara dalam suasana menggunakan pakaian adat sesuai ciri khas daerah yang merupakan aset besar milik bangsa Indonesia. Beliau menambahkan juga jika melihat sejarah kemerdekaan bangsa ini adalah tidak terlepas dari semangat juang para pahlawan dari berbagai daerah untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Amanat upacara dengan tema ’’Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’’ dengan maksud Pemerintah menyebutkan bahwa tema tersebut dilatar belakangi karena Indonesia dua tahun lebih telah menghadapi tantangan pandemic Covid-19. Yang mana hal ini menimbulkan kecemasan sosial serta tekanan ekonomi pada rakyat Indonesia.

’’Semoga Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat dari Pandemi Covid-19 yang selama 2 tahun di alami oleh negara Indonesia, dan anak-anak bisa belajar secara normal Kembali sebelum 2 tahun yang lalu, dan Alhamdulillah hari ini kita semua bisa melaksanakan upacara dengan senang hati tanpa kecemasan dan penuh warna-warni pakaian adat yang dikenakan oleh bapak/ibu guru serta tenaga kependidikan,’’ kata Ratna Ayu Kartika Wulan dalam amanatnya.

Salah satu petugas upacara Siswo Purnomo dari guru mengatakan bangga sekali bisa menjadi petugas upacara apalagi mengenakan baju adat yang ada di Indonesia.

‘’Salah satu tanda cinta tanah air yaitu menggunakan baju adat yang ada di Indonesia, saya bangga bisa menjadi petugas yang wajib menggunakan baju adat, baju adat yang saya pakai adalah adat dari daerah Aceh,” kata Siswo Purnomo usai melaksanakan upacara.

Rangkaian Upacara di isi di akhiri  dengan pembagian hadiah dari madrasah untuk GTK dan para peserta didik dari berbagai macam lomba antar kelas. Kegiatan memperingati hari Kemerdekaan RI ke 77 di akhiri dengan foto Bersama. (en/ak/rf)